EFEKTIFITAS MEDIA PAPAN FLANEL DALAM PENDIDIKAN KESEHATAN REPRODUKSI PADA REMAJA TUNARUNGU DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA LUAR BIASA KARYA MULIA SURABAYA

YUNIA DWI HANDAYANI, 100411397 (2008) EFEKTIFITAS MEDIA PAPAN FLANEL DALAM PENDIDIKAN KESEHATAN REPRODUKSI PADA REMAJA TUNARUNGU DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA LUAR BIASA KARYA MULIA SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2009-handayaniy-10032-fkm980-k.pdf

Download (531kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2009-handayaniy-9505-fkm98_08.pdf
Restricted to Registered users only

Download (720kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Remaja tunarungu adalah remaja yang tidak mampu atau kurang mampu untuk mendengar sehingga mereka memiliki keterbatasan dalam menerima informasi, akan tetapi mereka tetaplah remaja normal yang membutuhkan pendidikan kesehatan reproduksi. Karena rendahnya pengetahuan remaja mengenai kesehatan reproduksi menyebabkan berbagai masalah remaja seperti seks bebas, pelecehan seksual, kehamilan yang tidak diinginkan, aborsi dan lain-lain yang mengakibatkan hancurnya masa depan mereka. Untuk memudahkan remaja tunarungu dalam menerima materi kesehatan reproduksi maka dibutuhkan alat bantu visual. Papan flanel diasumsikan sebagai alat bantu yang tepat bagi mereka karena papan flanel merupakan tempat yang baik untuk memvisualisasikan informasi untuk penyuluhan, tidak membutuhkan biaya yang besar dan mudah dibuat. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari efektifitas media papan flanel dalam pendidikan kesehatan reproduksi bagi remaja tuna rungu. Rancangan penelitian yang digunakan adalah non equivalent control group pretest posttest design dengan responden total populasi remaja tuna rungu di SMPLB Karya Mulia Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan pengetahuan kelompok kontrol lebih tinggi sehingga dapat disimpulkan bahwa media papan flanel tidak efektif dalam pendidikan kesehatan reproduksi bagi remaja tunarungu. Karena adanya keterbatasan pada remaja tunarungu dalam menerima informasi, maka sebaiknya penyampaian materi dilakukan berulang kali serta dilakukan kreasi yang berbeda-beda pada media papan flanel sehingga dapat lebih menarik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 98/08 Han e
Uncontrolled Keywords: HEARING, IMPAIRED; HEALTH EDUCATION
Subjects: R Medicine > R Medicine (General) > R735-854 Medical education. Medical schools. Research
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsEmail
YUNIA DWI HANDAYANI, 100411397UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSaenum, dr., M.SUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 08 May 2009 12:00
Last Modified: 28 Oct 2016 18:08
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/23994
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item