HUBUNGAN ANTARA FAKTOR INTERNAL DAN EKSTERNAL DENGAN PERILAKU MENDAPATKAN BENTUK TUBUH IDEAL PADA MAHASISWI UNIVERSITAS AIRLANGGA

FEBRIANA RETNA ERAWATI, 100411483 (2008) HUBUNGAN ANTARA FAKTOR INTERNAL DAN EKSTERNAL DENGAN PERILAKU MENDAPATKAN BENTUK TUBUH IDEAL PADA MAHASISWI UNIVERSITAS AIRLANGGA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2008-erawatifeb-9772-fkm410-k.pdf

Download (452kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2009-erawatifeb-9621-fkm41_08.pdf
Restricted to Registered users only

Download (777kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Banyaknya perilaku yang salah pada perempuan, terutama remaja putri dalam mendapatkan bentuk tubuh ideal menyebabkan banyak terjadi kasus kesehatan seperti anoreksia, bulimia nervosa dan anemia. Oleh karena itu perlu ditelusuri faktor-faktor yang mendasari terbentuknya perilaku tersebut. Penelitian yang dilakukan adalah untuk menganalisis faktor internal dan eksternal yaitu sumberdaya, kebebasan pribadi, pengetahuan, sikap, kelompok acuan, akses informasi, dan niat dengan variabel terikat yang terdiri dari perilaku mahasiswi dalam mendapatkan bentuk tubuh ideal melalui pola makan dan tindakan olahraga. Pengambilan data dilakukan dengan metode cross sectional pada mahasiswi dari 11 fakultas di Universitas Airlangga. Yang mana digunakan teknik pengambilan sampel simple random sampling, sehingga diperoleh 89 responder sebagai sampel. Sedangkan analisis data menggunakan korelasi spearman untuk data yang berskaia ordinal dan chi-square untuk data yang berskala nominal. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa ada hubungan antara: sumberdaya dengan pola makan, sikap dengan pola makan, kelompok acuan dengan pola makan, kebebasan pribadi dengan tindakan olahraga, pengetahuan dengan tindakan olahraga, sikap dengan tindakan olahraga, niat dengan tindakan olahraga, akses informasi dengan tindakan olahraga. Sementara itu juga diketahui tidak ada hubungan antara: kebebasan pribadi dengan pola makan, pengetahuan dengan pola makan, niat dengan pola makan, akses informasi dengan pola makan, sumberdaya dengan olahraga, keompok acuan dengan tindakan olahraga. Dengan demikian diperlukan pemanfaatan promosi kesehatan kepada mahasiswi untuk meningkatkan pengetahuan, akses informasi, niat dan sikap mahasiswi terhadap bentuk tubuh ideal, serta penyiasatan sumberdaya yang ada agar bisa dimanfaatkan dengan lebih maksimal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 41/08 Era h
Uncontrolled Keywords: POSTURE
Subjects: R Medicine > R Medicine (General) > R5-920 Medicine (General)
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsEmail
FEBRIANA RETNA ERAWATI, 100411483UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorM. Bagus Qomaruddin,, Drs., M.ScUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 26 May 2009 12:00
Last Modified: 28 Oct 2016 18:41
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/24003
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item