PENGARUH ZINC SULFAT TERHADAP PENINGKATAN BERAT BADAN, TINGGI BADAN,DAN STATUS GIZI PADA BALITA GIZI BURUK

Dwi Hastuti, 1002109471 (2006) PENGARUH ZINC SULFAT TERHADAP PENINGKATAN BERAT BADAN, TINGGI BADAN,DAN STATUS GIZI PADA BALITA GIZI BURUK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2006-hastutidwi-2542-fkm960-k.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULL TEXT)
24043.pdf

Download (965kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Peranan zinc dalam proses tumbuh kembang baru akhir-akhir ini ditemukan, apabila kekurangan seng cenderung menyebabkan bayi dan anak kurang sehat, yang pada gilirannya mempengaruhi tumbuh kembangnya. Dapat diperkirakan bahwa kekurangan seng merupakan salah satu faktor hingga hampir semua penderita KEP-berat disertai infeksi. Terjadinya krisis ekonomi mengakibatkan kasus gizi buruk terjadi peningkatan yang sangat tinggi terutama di wilayah kerja Puskesmas Sidotopo yaitu sebesar 13.85%. Untuk mengatasi hal ini maka perlu diupayakan peningkatan status gizi Balita dengan cara pemberian suplemen zinc sulfat. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari pengaruh zinc sulfat terhadap perubahan berat badan, tinggi badan, dan status gizi pada Balita gizi buruk di Wilayah Kerja Puskesmas Sidotopo Kota Surabaya Tahun 2006. Penelitian ini menurut rancang bangunnya merupakan penelitian eksperimental semu dengan menggunakan pre post study design. Besar sampel penelitian sebanyak 40 Balita (6-60 bulan), yang terdiri dari 20 kelompok perlakuan dan 20 kelompok kontrol. Uji statistik yang digunakan adalah uji t test sampel berpasangan dan uji t test sampel bebas. Dari hasil penelitian ini didapatkan pada kelompok perlakuan berat badan Balita mengalami kenaikan 95%, sedangkan pada kelompok kontrol 80% juga mengalami kenaikan berat badan. Berdasarkan uji statistik pada kelompok perlakuan bahwa ada perbedaan berat badan sebelum dan sesudah perlakuan, sedangkan pada kelompok kontrol ada perbedaan berat badan sebelum dan sesudah perlakuan. Berdasarkan uji statistik bahwa ada perbedaan antara berat badan balita kelompok perlakuan dan kelompok kontrol. Sedangkan pada kelompok perlakuan tinggi badan Balita mengalami kenaikan 65%, dan pada kelompok kontrol 65% tinggi badannya tetap. Berdasarkan uji statistik pada kelompok perlakuan bahwa ada perbedaan tinggi badan sebelum dan sesudah perlakuan, sedangkan pada kelompok kontrol juga ada perpedaan tinggi badan sebelum dan sesudah perlakuan. Berdasarkan uji statistik bahwa tidak ada perbedaan antara tinggi badan balita kelompok perlakuan dan kelompok kontrol. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan pemberian suplemen zinc sulfat pada Balita gizi buruk dapat meningkatkan berat badan maupun tinggi badan Balita. Oleh karena itu perlu dipertimbangkan pemberian zinc sulfat bersama dengan pemberian makanan tambahan (PMT) untuk peningkatan status gizi pada penderita gizi buruk.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 96/06 Has p
Uncontrolled Keywords: ZINC SULPHATE; CHILDREN-DISEASES-NUTRITIONAL ASPECTS
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA601-602 Food and food supply in relation to public health
R Medicine > RJ Pediatrics > RJ251-325 Newborn infants Including physiology, care, treatment, diseases
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Gizi Kesehatan
Creators:
CreatorsEmail
Dwi Hastuti, 1002109471UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorMerryana Adriani, S.KM., M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 12 Oct 2006 12:00
Last Modified: 05 Jun 2017 21:28
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/24043
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item