ANALISIS PERILAKU KONSUMEN DALAM PEMILIHAN TEMPAT TERAPI DI BAGIAN REHABILITASI MEDIS YPAC SURABAYA

Indria Dewi Proboningtyas, 100630294 (2008) ANALISIS PERILAKU KONSUMEN DALAM PEMILIHAN TEMPAT TERAPI DI BAGIAN REHABILITASI MEDIS YPAC SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2010-proboningt-13313-fkm144-k.pdf

Download (92kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2010-proboningt-11435-fkm144-a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Rehab Medik Yayasan Pembinaan Anak Cacat Surabaya merupakan salah satu pelayanan rehab medik yang ada di Surabaya. Berdasarkan data tahun 2005 sampai 2007 menunjukkan bahwa kunjungan ke rehab medik sangat rendah, pencapaian targetnya sebesar 63%. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi perilaku konsumen pada pelayanan rehab medik. Penelitian ini merupakan study cross sectional yang diambil dengan metode purposive sampling. Respondennya adalah orang tua pasien rehab medik. Total responden berjumlah 60 orang (30 orang dari konsumen YPAC Surabaya dan 30 orang konsumen luar YPAC). Alat untuk mengumpulkan data adalah kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan karakteristik psikologi dan karakteristik budaya antara konsumen YPAC Surabaya dan konsumen luar YPAC. Motivasi konsumen memilih YPAC supaya anaknya bisa mandiri, sedangkan motivasi konsumen memilih tempat terapi luar YPAC supaya anaknya bisa tumbuh sesuai pertumbuhan anak normal. Sebagian besar konsumen YPAC pernah melakukan pengobatan alternatif dan konsumen luar YPAC tidak melakukan pengobatan alternatif. Karakteristik individu dan karakteristik sosial konsumen rehab medik YPAC dan luar YPAC sama. Sebagian besar merupakan anak kandung, anak pertama dan tinggal bersama keluarga. Tingkat pendapatan responden antara 1,6 juta sampai dengan 3,2 juta, sebagian besar berpendidikan perguruan tinggi dan jenis pekerjaannya wiraswasta. Pembuat keputusan terapi pasien adalah ayah, yang bertanggung jawab terhadap biaya terapi adalah keluarga dan yang menyarankan melakukan pengobatan disuatu tempat terapi adalah dokter. Terdapat perbedaan antara responden YPAC dan tempat terapi lain berdasarkan proses pengenalan kebutuhan, evaluasi alternatif, keputusan pemilihan tempat terapi dan perilaku pasca pembelian. Alasan konsumen memilih YPAC karena proses pelayanannya sedangkan alasan konsumen memilih tempat terapi luar YPAC karena fasilitas yang lengkap. Sedangkan pada proses pencarian informasi tidak ada perbedaan antara konsumen YPAC dan luar YPAC. Sebagian besar konsumen mendapat informasi tentang tempat terapi dari tenaga kesehatan. Saran yang kami berikan kepada YPAC Surabaya adalah pihak YPAC meningkatkan fasilitas fisioterapi, okupasi terapi, terapi wicara serta melakukan promosi tentang keberadaan YPAC Surabaya melalui berbagai media promosi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 144/08 Pro a
Uncontrolled Keywords: Rehabilitattion
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV697-4959 Protection, assistance and relief > HV697-3024 Special classes > HV1551-3024 People with disabilities
R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology > RM182-190 Other therapeutic procedures Including acupuncture, pneumatic aspiration, spinal puncture, pericardial puncture
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Administrasi Kebijakan Kesehatan
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Indria Dewi Proboningtyas, 100630294UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorThinni Nurul R, Dr., Dra. Ec., M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 14 Sep 2010 12:00
Last Modified: 25 Oct 2016 17:15
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/24049
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item