HUBUNGAN ANTARA STRESS KERJA DENGAN TINGKAT PRODUKTIVITAS TENAGA KERJA : STUDI PADA PERUSAHAAN ROKOK PT.SEMANGGI AGUNG SEJAHTERA , TULUNGAGUNG .

Uji Chandradewi, 100311264 (2007) HUBUNGAN ANTARA STRESS KERJA DENGAN TINGKAT PRODUKTIVITAS TENAGA KERJA : STUDI PADA PERUSAHAAN ROKOK PT.SEMANGGI AGUNG SEJAHTERA , TULUNGAGUNG . Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2008-chandradew-7681-fkm116-k.pdf

Download (201kB) | Preview
[img] Text
gdlhub-gdl-s1-2008-chandradew-7520-fkm116-r.pdf
Restricted to Registered users only

Download (321kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tingkat produktivitas Indonesia lebih rendah dibandingkan dengan Negara Asia lainnya. Dalam rangka peningkatan produktivitas tersebut maka perhatian terhadap tenaga kerja perlu diperhatikan, yaitu perhatian terhadap kesehatan dan keselamatan tenaga kerja. Perhatian yang kurang dapat menyebabkan gangguan fisik seperti kecelakaan kerja dan gangguan psikis seperti stres. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan antara stres kerja dengan tingkat produktivitas. Penelitian dilakukan pada sebuah industri rokok di Tulungagung, sampel yang diambil adalah 60 orang dari bagian pengemasan. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah stres kerja. Stres kerja dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu faktor lingkungan kerja, faktor kondisi di luar lingkungan kerja dan faktor diri pribadi, selain itu juga terdapat faktor yang dapat merubah pengalaman stres individu. Faktor stres kerja yang dianalisis dalam penelitian ini adalah faktor lingkungan fisik yaitu suhu, penerangan, debu dan kerapian ruang kerja serta faktor yang dapat merubah pengalaman stres individu yang terdiri dari umur, masa kerja dan pendidikan. Data diperoleh melalui pembagian kuisioner terhadap responden dan wawancara dengan pimpinan untuk mendapatkan gambaran kondisi karyawan di bagian pengemasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan yang bermakna antara stres kerja dengan tingkat produktivitas, demikian juga dengan karakteristik responden yaitu umur, masa kerja dan pendidikan. Tetapi sebagian besar tenaga kerja mengalami stres kerja, walaupun mereka merasa nyaman di lingkungan kerjanya. Dari penelitian ini kesimpulan yang didapat yaitu stres kerja tidak mempengaruhi produktivitas dan sebagian besar tenaga kerja mempunyai tingkat produktivitas sedang. Perusahaan perlu melakukan upaya untuk lebih meningkatkan tingkat produktivitas tenaga kerja dan mengurangi jumlah tenaga kerja yang mengalami stres kerja serta upaya pengendalian lingkungan kerja agar tenaga kerja merasa lebih nyaman di lingkungan kerja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 116 07 Cha h (FULLTEXT TIDAK TERSEDIA)
Uncontrolled Keywords: MAN POWER-OFFICIALS AND EMPLOYEES-JOB STRESS
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA773-788 Personal health and hygiene
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Keselamatan dan Kesehatan Kerja
Creators:
CreatorsEmail
Uji Chandradewi, 100311264UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorEndang Dwiyanti, Dra., M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 05 Sep 2008 12:00
Last Modified: 25 Oct 2016 21:08
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/24054
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item