PENGUKURAN KINERJA DENGAN BALANCED SCORECARD SEBAGAI ACUAN PENINGKATAN PEMANFAATAN LAYANAN RSUD PADANGAN BOJONEGORO

Mielka Ratna Kusuma Wardhani, 100311216 (2007) PENGUKURAN KINERJA DENGAN BALANCED SCORECARD SEBAGAI ACUAN PENINGKATAN PEMANFAATAN LAYANAN RSUD PADANGAN BOJONEGORO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2008-wardhanimi-7711-fkm119-t.pdf

Download (385kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2008-wardhanimi-7547-fkm119-r.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perubahan status Puskesmas menjadi rumah sakit akan membawa konsekuensi tidak hanya pada perubahan prasyarat fisik saja, akan tetapi juga terhadap perubahan cara pengengelolaan keuangan, pelanggan eksternal, proses pelayanan, dan juga sumber daya manusia. Pada fase ini pengukuran kinerja dirasa sangat perlu untuk mengetahui apakah pengelolaan komponen utama rumah sakit sudah sesuai dengan fungsinya. Penelitian ini dilakukan untuk mengukur kinerja RSUD Padangan Bojonegoro dengan menggunakan metode Balanced Scorecard sebagai acuan dalam upaya peningkatan pemanfaatan layanan rumah sakit. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah pasien dan karyawan RSUD Padangan Bojonegoro. Besar sampel 65 pasien yang diambil secara proporsional sampling dan 38 karyawan rumah sakit diambil secara total sampling. Cara pengumpulan data dilakukan melalui observasi lapangan, survei dengan kuesioner, dan indepth interview. Penyajian data dengan menggunakan tabel distribusi frekuensi. Hasil penelitian di RSUD Padangan Bojonegoro menunjukkan Cost Recovery Rate (CRR) 98,9%. Kepuasan pelanggan dengan metode Importance Performance Analysis (IPA) sebesar-16,65. Pelayanan yang telah diselenggarakan 81,82% jenis pelayanan, 59,09% pelayanan dengan kategori tenaga baik, 66,67% pelayanan dengan kategori sarana baik, dan 42,11% pelayanan dengan kategori peralatan baik. Karyawan yang belum pernah mengikuti pelatihan selama bekerja di RSUD Padangan Bojonegoro adalah 57,1% tenaga medis, 77,3% tenaga paramedis keperawatan, 87,5% tenaga paramedis non keperawatan, 100% karyawan bagian administrasi, dan 100% lain-lain (juru masak dan petugas kebersihan). Kepuasan karyawan termasuk dalam kategori puas yaitu dengan nilai mean 3,05. Sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan pemanfaatan layanan rumah sakit adalah dengan melakukan pengukuran kinerja dengan metode Balanced Scorecard agar bisa digunakan sebagai acuan dalam perencanaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 119 07 War p
Uncontrolled Keywords: EMLPOYEES-RATING OF; STRATEGIC PLANNING
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30.28 Strategic planning
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsEmail
Mielka Ratna Kusuma Wardhani, 100311216UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorErnawaty, drg., M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 09 Sep 2008 12:00
Last Modified: 30 Oct 2016 23:25
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/24056
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item