FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN TERJADINYA KELELAHAN KERJA PADA TENAGA KERJA : STUDI DI UNIT PRODUKSI PT.PETROSIDA GRESIK.

Ria Anggraini Octavia, 100311151 (2007) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN TERJADINYA KELELAHAN KERJA PADA TENAGA KERJA : STUDI DI UNIT PRODUKSI PT.PETROSIDA GRESIK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2008-octaviaria-8686-fkm156-k.pdf

Download (366kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULL TEXT)
24063.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tenaga kerja di unit produksi PT. Petrosida Gresik mempunyai risiko mengalami kelelahan kerja, karena selain mendapatkan beban kerja akibat pekerjaan yang dilakukan, para pekerja juga mendapatkan beban kerja tambahan dari kondisi lingkungan kerja yang kurang menguntungkan, seperti: panas, bising dan bau gas kimia. Kelelahan yang terjadi secara terus-menerus dapat meningkatkan risiko terjadinya kecelakaan ataupun gangguan kesehatan yang pada akhirnya dapat menyebabkan produktivitas kerja menurun. Mengingat besarnya dampak dan kelelahan kerja tersebut, maka sudah waktunya mendapat perhatian untuk dikaji secara ilmiah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kelelahan kerja dan faktor-faktor yang berhubungan dengan kelelahan kerja tersebut. Penelitian ini termasuk penelitian observasional dan bila dilihat dari waktunya termasuk penelitian cross sectional. Data yang didapat diklasifikasikan dan disajikan dalam bentuk tabel, selanjutnya dianalisis secara deskriptif. Responden dalam penelitian ini adalah total populasi, yaitu sebanyak 30 orang. Hasil pengukuran kelelahan dengan menggunakan alat ukur "reaction timer" menunjukkan bahwa sebanyak 40 % responden mengalami kelelahan kerja. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa sebagian besar responden tidak mengalami kelelahan. Faktor-faktor yang berhubungan dengan terjadinya kelelahan antara lain: umur, kesegaran jasmani dan status gizi. Sedangkan masa kerja, keadaan kesehatan, lama waktu kerja, lama waktu istirahat, keadaan monoton, beban kerja fisik dan kondisi lingkungan kerja tidak berhubungan dengan terjadinya kelelahn. Berdasarkan hasil penelitian diatas, maka disarankan agar perusahaan lebih memperhatikan kesegaran jasmani khususnya pada tenaga kerja yang berusia lanjut maupun yang malnutrisi. Hal ini dikarenakan faktor tersebut mempengaruhi produktivitas kerja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 156 07 Oct f
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV675-677 Accidents. Prevention of accidents
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsEmail
Ria Anggraini Octavia, 100311151UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorShoím Hidayat, dr., M.SUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 10 Dec 2008 12:00
Last Modified: 05 Jun 2017 21:37
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/24063
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item