APLIKASI TOERI SNEHANDU B.KARR TERHADAP KEAKTIFAN KUNJUNGAN LANSIA KE POSYANDU LANSIA : Studi di 5 Posyandu Lansia Puskesmas Jagir Kota Surabaya Tahun 2008

Maria Mustikaning Putri, 10051168 (2009) APLIKASI TOERI SNEHANDU B.KARR TERHADAP KEAKTIFAN KUNJUNGAN LANSIA KE POSYANDU LANSIA : Studi di 5 Posyandu Lansia Puskesmas Jagir Kota Surabaya Tahun 2008. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2010-putrimaria-12281-fkm200-k.pdf

Download (307kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2010-putrimaria-10870-fkm200-a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (926kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Saat ini permasalahan yang berhubungan dengan keaktifan kunjungan lansia ke posyandu harus diperhatikan. Semakin meningkatnya jumlah penduduk lansia maka semakin penting keberadaan posyandu lansia untuk meningkatkan derajat kesehatan lansia. Niat, dukungan sosial serta kondisi dan situasi dianggap sebagai faktor penentu perilaku keaktifan kunjungan lansia ke posyandu lansia. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan antara niat, dukungan sosial serta kondisi dan situasi dengan keaktifan kunjungan lansia ke posyandu lansia. Penelitian ini dilaksanakan dengan rancangan cross sectional dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Wawancara dilaksanakan pada 80 responden. Subyek diambil dengan metode simple random sampling. Variabel bebas penelitian adalah karakteristik responden, niat, dukungan sosial dari kader kesehatan, tokoh masyarakat, kelompok sebaya, keluarga serta kondisi dan situasi. Hasil penelitian dianalisis dengan uji statistik korelasi chi-square untuk mengetahui adanya hubungan antara niat, dukungan sosial dari kader kesehatan, tokoh masyarakat, kelompok sebaya, keluarga serta kondisi dan situasi dengan keaktifan kunjungan lansia ke posyandu lansia. Penelitian ini mendapatkan hasil bahwa niat berhubungan dengan keaktifan kunjungan lansia ke posyandu lansia (p = 0,000 r = 0,470), dukungan kader kesehatan berhubungan dengan keaktifan kunjungan lansia ke posyandu lansia (p = 0,044 r = 0,244), dukungan tokoh masyarakat tidak berhubungan dengan keaktifan kunjungan lansia ke posyandu lansia (p = 0,948), dukungan kelompok sebaya tidak berhubungan dengan keaktifan kunjungan lansia ke posyandu lansia (p = 0,194), dukungan keluarga tidak berhubungan dengan keaktifan kunjungan lansia ke posyandu lansia (p = 0,071), serta kondisi dan situasi berhubungan dengan keaktifan kunjungan lansia ke posyandu lansia (p = 0,002 r = 0,371) Kesimpulan yang dapat ditarik adalah niat, dukungan kader kesehatan serta kondisi dan situasi berhubungan dengan keaktifan kunjungan lansia ke posyandu lansia. Sedangkan dukungan dari tokoh masyarakat, kelompok sebaya dan keluarga tidak berhubungan dengan keaktifan kunjungan lansia ke posyandu lansia. Disarankan kepada masyarakat terutama keluarga yang memiliki lansia hendaknya memberikan perhatian dan dukungan terhadap aktivitas lansia di luar rumah khususnya kegiatan posyandu lansia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 20 09 Put a
Uncontrolled Keywords: AGING PARENTS
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5546-5548.6 Office management
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsEmail
Maria Mustikaning Putri, 10051168UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorMohammad Zainal Fatah, Drs., M.S., M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 02 Jul 2010 12:00
Last Modified: 30 Oct 2016 19:41
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/24072
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item