KELUHAN KELELAHAN PADA KARYAWAN BANK BERDASARKAN JENIS PEKERJAAN

Ikhsan Mutaqien, 100511630 (2009) KELUHAN KELELAHAN PADA KARYAWAN BANK BERDASARKAN JENIS PEKERJAAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2010-mutaqienik-10871-fkm210-k.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2010-mutaqienik-12282-fkm210-k.pdf

Download (305kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kelelahan kerja merupakan salah satu faktor dalam menurunnya produktivitas kerja baik secara individu maupun organisasi, dimana setiap individu memiliki peranan penting dalam suatu organisasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mempelajari keluhan kelelahan pada karyawan di PT. BANK X berdasarkan jenis pekerjaan. Variabel dalam penelitian ini antara lain karakteristik individu yang meliputi usia, jenis kelamin, tingkat pendidikan dan masa kerja kemudian beban dan lama kerja , jenis pekerjaan (pekerjaan monoton atau tidak monoton) dan keluhan kelelahan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan observasional. Sampel penelitian ditarik dari jumlah keseluruhan populasi, yaitu 24 orang responden. Penelitian ini dilakukan pada bulan Maret dan April tahun 2009 dengan metode kuesioner, wawancara dan observasi langsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian responden yang berjenis kelamin wanita dan berumur antara 18-40 tahun dengan tingkat pendidikan yang termasuk tinggi (S2,S1,Diploma), dengan masa kerja kurang dari 10 tahun. Jenis pekerjaan yang paling banyak mengalami keluhan Verificator, Petugas Housekeeping dan CSR, & jenis pekerjaan yang paling sedikit mengalami keluhan kelelahan adalah Manager. Faktor yang paling mempengaruhi keluhan kelelahan adalah Posisi Bekerja dan Lama Kerja. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah kelelahan fisik dan pelemahan kegiatan merupakan hal yang paling dominan yang dialami oleh responden kemudian diikuti oleh pelemahan motivasi. Dan saran bagi perusahaan adalah pengaturan administratif yang lebih baik dan pemanfaatan waktu istirahat yang benar-benar sepenuhnya digunakan untuk beristirahat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 21 09 Nut k
Uncontrolled Keywords: BANK EMPLOYEES; FATIGUE
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV675-677 Accidents. Prevention of accidents
K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3440-3460 Civil service. Government officials and employees
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA1-418.5 Medicine and the state > RA410-410.9 Medical economics. Economics of medical care. Employment
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Keselamatan dan Kesehatan Kerja
Creators:
CreatorsEmail
Ikhsan Mutaqien, 100511630UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorIndriati Paskarini, SH., M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 02 Jul 2010 12:00
Last Modified: 24 Oct 2016 16:42
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/24074
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item