HUBUNGAN PENGETAHUAN, SIKAP, TINDAKAN DAN POLA ASIH IBU DENGAN STATUS GIZI BALITA USIA 1-5 TAHUN

Lynda Dwy Popularita, 100511610 (2009) HUBUNGAN PENGETAHUAN, SIKAP, TINDAKAN DAN POLA ASIH IBU DENGAN STATUS GIZI BALITA USIA 1-5 TAHUN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2010-popularita-12306-fkm300-k.pdf

Download (308kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2010-popularita-10880-fkm300-h.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Masa balita sering dinyatakan sebagai masa kritis dalam rangka mendapatkan sumber daya manusia yang berkualitas, terlebih pada periode 2 tahun pertama merupakan masa emas untuk pertumbuhan dan perkembangan otak yang optimal. Indeks BB/U baik untuk mengukur status gizi akut atau kronis. Perilaku ibu yang meliputi tingkat pengetahuan, sikap dan tindakan menentukan dalam pemilihan bahan makanan bergizi serta menyusun menu seimbang sesuai kebutuhan dan selera keluarga, sehingga pemenuhan gizi pun tergantung perilaku ibu.Kebutuhan asih juga sangat penting dalam mempengaruhi status gizi balita. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan pengetahuan, sikap, tindakan dan pola asih ibu yang meliputi kasih sayang, perhatian, dukungan dan peran ibu dengan status gizi balita usia 1-5 tahun. Penelitian ini adalah penelitian observasional analitik dengan desain penelitian cross-sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah semua ibu beserta balitanya yang berusia 1-5 tahun di Kelurahan Geluran, Sidoarjo. Besar sampel sebanyak 60 ibu beserta balitanya yang ditentukan dengan menggunakan metode simple random sampling. Pengumpulan data yang meliputi karakteristik keluarga, karakteristik balita, pengetahuan,sikap dan tindakan ibu serta pola asih ibu dilakukan dengan menggunakan kuesioner, dan untuk status gizi diukur dengan menggunakan indeks berat badan per umur dibandingkan dengan standar baku WHO – NCHS. Data dianalisis dengan menggunakan uji chi- square dan korelasi spearman. Hasil penelitian ini menunjukkan ada hubungan antara sikap ibu, peran ibu, interaksi ibu dan balita dengan status gizi balita usia 1-5 tahun (p < 0,05) dan tidak ada hubungan antara pengetahuan ibu, kasih sayang, perhatian dan dukungan ibu dengan status gizi balita usia 1-5 tahun (p > 0,05). Jadi dapat disimpulkan bahwa sikap dan peran ibu berhubungan dengan status gizi BB/U balita usia 1-5 tahun. Penting kepada ibu balita untuk memperhatikan asupan makanan dan pemberian nutrisi bagi balitanya dengan menyusun menu makanan yang beragam agar kasus malnutrisi pada balita dapat diturunkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 30 09 Pop h
Uncontrolled Keywords: NUTRITION
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF511-593 Emotion, Feeling, Affection
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ503-1064 The family. Marriage. Home > HQ755.7-759.92 Parents. Parenthood
R Medicine > RJ Pediatrics > RJ251-325 Newborn infants Including physiology, care, treatment, diseases
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsEmail
Lynda Dwy Popularita, 100511610UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorMerryana Adriani, S.KM., M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 06 Jul 2010 12:00
Last Modified: 24 Oct 2016 16:04
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/24082
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item