PENGGUNAAN MEDIA PANGGUNG BONEKA DALAM PENDIDIKAN PERSONAL HYGIENE CUCI TANGAN MENGGUNAKAN SABUN DI AIR MENGALIR

Riris Diana Rachmayanti, 100511786 (2009) PENGGUNAAN MEDIA PANGGUNG BONEKA DALAM PENDIDIKAN PERSONAL HYGIENE CUCI TANGAN MENGGUNAKAN SABUN DI AIR MENGALIR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2010-ririsdiana-12325-fkm320-k.pdf

Download (306kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2010-ririsdiana-10897-fkm320-p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Mencuci tangan dengan sabun dan di air yeng mengalir merupakan cara yang paling mudah dan paling murah untuk mencegah penularan penyakit. Mencuci tangan dengan sabun perlu dibiasakan sejak dini, karena mereka lebih rentan terhadap penyakit dengan aktivitas bermain yang lebih tinggi. Untuk memberikan pendidikan personal hygine (cuci tangan dengan sabun) kepada anak-anak perlu dengan media Oleh karena itu pada penelitian ini ingin diketahui efektifitas media panggung boneka yang digunakan dalam memberikan pendidikan personal hygine. Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis efektifitas panggung boneka yang digunakan sebagai media dalam memberikan informasi tentang cuci tangan dengan melihat peningkatan pengetahuan dan keterampilan pada subyek atau kelompok yang diberikan perlakuan. Pengambilan data dilakukan di SD Muhammadiyah 18 Mulyorejo Tengah Surabaya yaitu pada siswa-siswi kelas 1. Kelas 1 fruits diberikan perlakuan berupa penyuluhan ceramah, sedangkan kelas 1 vegetables diberi perlakuan berupa penyuluhan dengan media panggung boneka. Penelitian yang digunakan adalah eksperimental kuasi. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa ada peningkatan pengetahuan dan keterampilan sebelum dan sesudah perlakuan dengan hasil wilcoxon singed rank test p= 0,000 untuk ketrampilan dan p=0,000 untuk pengetahuan. Dan ada perbedaan antara menggunakan media panggung boneka dan menggunakan ceramah dengan hasil wilcoxon mann-whitney p=0,000. Pada kelas fruits yang diberikan perlakuan berupa ceramah peningkatan keterampilan sebesar 75,9% dan peningkatan pengetahuan sebesar 86,2% sedangkan pada kelas vegetables yang diberikan perlakuan berupa panggung boneka peningkatan keterampilan sebesar 76,7% dan peningkatan pengetahuan sebesar 56,6%. Berdasarkan hasil penelitian di atas maka panggung boneka kurang efektif. Banyak faktor yang mempengaruhi baik dari media panggung boneka maupun target.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 32 09 Rac p
Uncontrolled Keywords: MASS MEDIA AND CHILDREN, HYGIENE
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA773-788 Personal health and hygiene
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsEmail
Riris Diana Rachmayanti, 100511786UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSaenun, dr., MSUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 06 Jul 2010 12:00
Last Modified: 24 Oct 2016 15:57
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/24084
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item