HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU TENTANG MAKANAN SEHAT DENGAN STATUS GIZI ANAK PRASEKOLAH

Vivi Anggraini, 100511727 (2009) HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU TENTANG MAKANAN SEHAT DENGAN STATUS GIZI ANAK PRASEKOLAH. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2010-anggrainiv-10921-fkm430-h.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2010-anggrainiv-12373-fkm430-k.pdf

Download (14kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas merupakan aset penting dalam pembangunan. SDM yang berkualitas ini dapat diperoleh dengan memperhatikan keadaan gizi dan kesehatan sesorang sejak dini. Anak prasekolah merupakan kelompok umur yang mengalami pertumbuhan yang pesat serta paling sering terjangkit masalah gizi, dikarenakan pada masa ini tingkat konsumsi anak prasekolah cenderung menurun. Pengetahuan ibu yang baik tentang makanan sehat diharapkan dapat meningkatkan tingkat konsumsi anak prasekolah yang nantinya berdampak pada status gizi anak prasekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis hubungan pengetahuan ibu tentang makanan sehat dengan status gizi anak prasekolah. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian analitik dengan rancangan crossectional. Penelitian ini dilakukan terhadap anak prasekolah yang bersekolah di Kelompok Bermain dan Taman Kanak-kanak Citra Kasih Surabaya dengan jumlah sampel sebesar 53 anak prasekolah. Data yang dikumpulkan, antara lain karakteristik anak prasekolah, meliputi umur dan jenis kelamin, karakteristik ibu balita, meliputi tingkat pendidikan dan pengetahuan ibu tentang makanan sehat, akses informasi, pola konsumsi, tingkat konsumsi dan status gizi anak prasekolah yang dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner, lembar food recall dan food frequency. Hubungan pengetahuan ibu tentang makanan sehat dengan status gizi anak prasekolah dianalisis dengan uji Spearman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara pengetahuan ibu tentang makanan sehat dengan status gizi anak prasekolah (p=0,005), artinya makin baik pengetahuan ibu tentang makanan sehat maka makin baik pula status gizi anak prasekolah. Perlu mengikuti pelatihan atau kursus membuat kreasi menu untuk anak prasekolah serta penyuluhan kesehatan yang diadakan oleh berbagai institusi untuk meningkatkan pengetahuan ibu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 43/09 Ang h
Uncontrolled Keywords: CHILDREN NUTRITION
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA601-602 Food and food supply in relation to public health
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Vivi Anggraini, 100511727UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorMerryana Adriani, S.KM., M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 07 Jul 2010 12:00
Last Modified: 01 Oct 2016 06:16
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/24094
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item