HUBUNGAN PENGETAHUAN, SIKAP DAN TINDAKAN PENGGUNAAN SAFETY MEDICAL DEVICES TERKAIT ANGKA KEJADIAN NEEDLES STICK INJURY(NSI)DI RUMAH SAKIT SILOAM SURABAYA

Andik Setyo Budiono, 100730291 (2009) HUBUNGAN PENGETAHUAN, SIKAP DAN TINDAKAN PENGGUNAAN SAFETY MEDICAL DEVICES TERKAIT ANGKA KEJADIAN NEEDLES STICK INJURY(NSI)DI RUMAH SAKIT SILOAM SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
BAHAYA NEEDLESTICK INJURY DI RUMAH SAKIT - gdlhub-gdl-s1-2010-budionoand-10942-fkm510-h.pdf

Download (125kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2010-budionoand-10942-fkm510-h.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Needle Stick Injury/NSI merupakan kecelakaan kerja berupa terpapar darah atau cairan tubuh lainnya dari pasien yang mengandung kuman melalui kulit. Angka kejadian NSI dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain: alat yang dipakai, kebijakan dari pemberi kerja serta faktor-faktor dari individu pekerja seperti kesadaran mengenai bahaya NSI, perilaku kerja (pengetahuan, sikap dan tindakan) dan sebagainya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan pengetahuan, sikap dan tindakan penggunaan safety medical devices terkait angka kejadian NSI di RS Siloam Surabaya, menggunakan pendekatan observasional analitik secara cross-sectional (Januari-Desember 2008). Data dikumpulkan dari kuesioner terhadap 80 responden untuk memperoleh informasi tentang pengetahuan, sikap dan tindakan penggunaan safety medical devices dan NSI serta dari studi dokumen untuk mengetahui prevalensi NSI. Prevalensi NSI yang ditemukan adalah 16 pada tahun 2007 dan turun menjadi 8 pada tahun 2008 dengan 3 kejadian pada bulan Januari dan Februari, 1 kejadian pada bulan April dan Desember serta 0 kejadian pada bulan Maret dan Mei-November. Perawat di Rumah Sakit Siloam Surabaya memiliki pengetahuan yang cukup-baik, sikap yang baik dan tindakan yang cukup (mengarah ke kurang) dalam menggunakan safety medical devices. Kesimpulan yang dapat ditarik adalah tidak ada hubungan pengetahuan dengan tindakan penggunaan safety medical devices terkait angka kejadian NSI pada tenaga kesehatan di Rumah Sakit Siloam Surabaya sedangkan hubungan pengetahuan dengan sikap serta sikap dengan tindakan tidak dapat dianalisis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 51 09 Bud h
Uncontrolled Keywords: HOSPITALS
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T55-T55.3 Industrial safety. Industrial accident prevention
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
Andik Setyo Budiono, 100730291UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorProf. Dr. Rika Subarniati T.,, dr., S.KMUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 09 Jul 2010 12:00
Last Modified: 01 Oct 2016 06:59
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/24102
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item