PERHITUNGAN KEBUTUHAN TENAGA FARMASI DENGAN METODA ILYAS BERDASARKAN BEBAN KERJA DI UNIT FARMASI RUMAH SAKIT ISLAM SURABAYA JEMURSARI

Afida Amaliyah, 100511758 (2009) PERHITUNGAN KEBUTUHAN TENAGA FARMASI DENGAN METODA ILYAS BERDASARKAN BEBAN KERJA DI UNIT FARMASI RUMAH SAKIT ISLAM SURABAYA JEMURSARI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
SKRIPSI - gdlhub-gdl-s1-2010-amaliyahaf-10945-fkm530-p.pdf

Download (134kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2010-amaliyahaf-10945-fkm530-p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (713kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tenaga farmasi merupakan tenaga kesehatan prefesional yang dibutuhkan dalam memberikan pelayanan kesehatan yang bermutu dan berkualitas kepada pasien. Oleh karena itu kesediaan tenaga farmasi harus mencukupi kebutuhan sesuai dengan beban kerja. Penelitian ini bertujuan untuk menghitung kebutuhan tenaga farmasi dengan metoda Ilyas berdasarkan indikator beban kerja di Rumah Saikit Islam Surabaya Jemursari tahun 2009. Penelitian ini merupakan penelitian observasional dengan menggunakan lembar pengamatan. Sampel penelitian ini adalah seluruh tenaga (12 orang) di Unit Farmasi di Rumah Sakit Islam Surabaya Jemursari. Pengumpulan dilakukan melalui pengamatan terhadap kegiatan tenaga di Unit Farmasi Rumah Sakir Islam Surabaya Jemursari selama 1 bulan. Data dianalisis dengan menggunakan metoda Ilyas. Dalam perhitungan dengan metoda Ilyas, dibutuhkan data mengenai jenis, jumlah, dan waktu transaksi, dari 3 bahan tersebut digunakan sebagai dasar perhitungan beban kerja. Hasil dari perhitungan beban kerja tersebut digunakan untuk menghitung kebutuhan tenaga farmasi. Dari hasil perhitungan dengan metoda Ilyas diketahui bahwa ketersediaan tenaga farmasi di Rumah Sakit Islam Surabaya Jemursari pada saat ini terdapat selisih yang cukup banyak antara jumlah tenaga yang ada dibanding dengan hasil perhitungan dengan metoda Ilyas. Unit Farmasi Rumah Sakit Islam Surabaya Jemursari sebaiknya mengupayakan pembagian tugas yang jelas dan dipatuhi, bila terdapat tugas tambahan lebih baik diperhitungkan kemampuan setiap tenaga dan diusahakan tidak mengganggu jam pelayanan resep. Selain itu lebih menghayati visi dan misi rumah sakit, setiap tenaga farmasi sebaiknya mengoptimalkan waktu kerja yang tersedia, terutama saat ramai resep.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 53 09 Ama p
Uncontrolled Keywords: HOSPITAL � MEDICAL STAFF
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Afida Amaliyah, 100511758UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorErnawaty, drg., M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 12 Jul 2010 12:00
Last Modified: 01 Oct 2016 07:13
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/24105
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item