PENGELOLAAN LIMBAH MEDIS PADAT DAN CAIR DI RSUD SYARIFAH AMBAMI RATO EBU KABUPATEN BANGKALAN

Ika Juwita Sari, 100730333 (2009) PENGELOLAAN LIMBAH MEDIS PADAT DAN CAIR DI RSUD SYARIFAH AMBAMI RATO EBU KABUPATEN BANGKALAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
PROPOSAL - gdlhub-gdl-s1-2010-sariikajuw-10948-fkm560-p.pdf

Download (147kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2010-sariikajuw-10948-fkm560-p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Salah satu upaya untuk mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang optimal, yaitu melalui pelayanan pada rumah sakit. Dilihat dari segi pelayanan yang telah dilakukan selama ini, sudah tentu rumah sakit tersebut akan menghasilkan limbah medis, baik limbah padat maupun limbah cair. Sehingga di dalam pengelolaannya diperlukan perhatian yang serius bagi pemilik atau pengelola tempat tersebut, agar tidak menimbulkan dampak negatif baik bagi pasien, pengunjung, petugas maupun karyawan yang bekerja. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengelolaan limbah medis di RSUD Syarifah Ambami Rato Ebu Kabupaten Bangkalan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat observasional diskriptif dan menurut waktunya adalah penelitian cross sectional, dimana data dikumpulkan pada periode waktu tertentu yakni pada waktu penelitian dilaksanakan. Sampel penelitian diambil untuk memperoleh keterangan mengenai pengelolaan limbah medis padat dan cair, pemeriksaan sampel limbah cair dilakukan untuk memperoleh data kualitas kimia dan bakteriologis limbah cair untuk mengetahui parameter BOD, COD dan Total Coliform dalam limbah cair. Hasil penelitian menunjukkan masih ada kesalahan dalam pemilahan, tempat sampah dan kantong plastik pelapis tidak ada lambang biohazard, alat angkut untuk pengangkutan limbah medis padat masih jadi satu dengan limbah non medis, belum disediakan tempat penanpungan sementara (TPS) untuk limbah medis padat, suhu incenerator belum mencapai lebih dari 1.0000C, belum pernah dilakukan penyuluhan untuk petugas pengelola limbah medis padat dan belum dilakukan pengambilan dan pemeriksaan sampel limbah cair secara berkala. Sedangkan kualitas kimia dan bakteriologis telah sesuai dengan KepGub. Jatim No. 61 tahun 1999 tentang baku mutu limbah cair kegiatan rumah sakit. Disimpulkan bahwa untuk pengelolaan limbah medis padat masih belum memenuhi syarat, sedangkan pengelolaan limbah medis cair telah memenuhi syarat Kepmenkes RI No. 1204 tahun 2004 tentang persyaratan kesehatan lingkungan rumah sakit dan Buku pedoman sanitasi rumah sakit yang diterbitkan Depkes tahun 1995. Disarankan kepada rumah sakit untuk memperbaiki dan meningkatkan pengelolaan limbah medis padat dan cair dan melakukan pemeriksaan sampel limbah cair secara berkala (setiap 6 bulan sekali), menjalankan protap dan membuat protap yang belum ada.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 56/09 Sar p
Uncontrolled Keywords: HOSPITALS-WASTE DISPOSAL
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA565-600 Environmental health
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Ika Juwita Sari, 100730333UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorSudarmaji, S.KM, M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 12 Jul 2010 12:00
Last Modified: 01 Oct 2016 07:23
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/24108
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item