HUBUNGAN KESESUAIAN UKURAN MEJA DAN KURSI BELAJAR DENGAN KELUHAN SUBYEKTIF KELELAHAN OTOT PADA SISWA SD KELAS IV DAN VI

Dian Permatasari, 100511797 (2009) HUBUNGAN KESESUAIAN UKURAN MEJA DAN KURSI BELAJAR DENGAN KELUHAN SUBYEKTIF KELELAHAN OTOT PADA SISWA SD KELAS IV DAN VI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2010-permatasar-12492-fkm600-k.pdf

Download (354kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2010-permatasar-10952-fkm600-h.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Keberhasilan dalam proses belajar mengajar perlu memperhatikan beberapa hal, diantaranya yaitu kenyamanan dalam proses belajar mengajar. Kenyamanan tersebut dapat didukung oleh ukuran meja dan kursi yang ergonomis sesuai dengan antropometri siswa. Ukuran meja dan kursi yang tidak ergonomis dapat menyebabkan terjadinya keluhan kelelahan otot. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan kesesuaian ukuran meja dan kursi belajar yang digunakan dengan terjadinya kelelahan otot pada siswa kelas IV dan VI di SDN Kepuhanyar II Mojokerto. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Populasi adalah semua siswa yang secara administratif tercatat sebagai siswa SDN Kepuhanyar II Mojokerto sampai saat penelitian ini dilakukan yaitu 41 siswa yang terdiri dari 22 siswa kelas IV dan 19 siswa kelas VI. Penelitian ini dilakukan dengan metode pengukuran, observasi dan wawancara dengan menggunakan kuesioner Nordic Body Map. Data yang didapat dianalisis secara deskriptif dengan tabulasi silang dan uji chi square untuk mengetahui adanya hubungan. Hasil uji chi square didapatkan hubungan antara ukuran meja dan kursi belajar dengan terjadinya kelelahan otot pada siswa baik kelas IV dan VI yaitu sebagian besar dengan tingkat rendah, dan beberapa dengan tingkat sedang serta terdapat hubungan dengan tingkat sangat rendah yaitu pada kesesuaian tinggi sandaran pinggang dengan keluhan pada pantat, dan tidak terdapat hubungan pada kesesuaian lebar alas duduk dengan keluhan pinggul. Berdasarkan penelitian diatas, disarankan untuk memperbaiki ukuran meja dan kursi yang sesuai dengan antropometri siswa sehingga kelelahan otot dapat dikurangi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 60/09 Per h
Uncontrolled Keywords: MUCLES
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV675-677 Accidents. Prevention of accidents
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsEmail
Dian Permatasari, 100511797UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorM. Sulaksmono, dr.,M.S.,M.PH,SpOkUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 12 Jul 2010 12:00
Last Modified: 01 Oct 2016 07:37
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/24112
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item