ATRIBUT SURVEILANS EPIDEMIOLOGI KUSTA DI DINAS KESEHATAN KABUPATEN GRESIK

Agustine Dwi Astuti (2009) ATRIBUT SURVEILANS EPIDEMIOLOGI KUSTA DI DINAS KESEHATAN KABUPATEN GRESIK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2010-astutiagus-12512-fkm640-k.pdf

Download (306kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penyakit menular kusta masih menjadi permasalahan kesehatan masyarakat di Jawa Timur utamanya di daerah dekat pantai karena sanitasi buruk, kurangnya kebersihan individu dan pendapatan ekonomi yang rendah. Salah satu upaya yang dilakukan Dinkes Kesehatan adalah dengan melakukan surveilans epidemiologi kusta. Agar suatu surveilans epidemiologi berjalan dengan baik maka perlu dilakukan evaluasi. Penelitian ini dilakukan di Dinkes Kabupaten Gresik. Penelitian ini bersifat deskriptif dan bentuk pelaksanaannya menggunakan penelitian evaluasi dengan teknik kuisioner dan wawancara kepada pelaksana surveilans. Tujuan penelitian ingin mengetahui gambaran pelaksanaan evaluasi berdasarkan atribut sistem surveilans Adapun hasilnya adalah sebagai berikut dibandingkan dengan standar pelaksanaan surveilans epidemiologi kusta menurut Dinkes Propinsi Jatim (2002), Kepmenkes RI No. 1116/Menkes/SK/VII112003, dan Depkes RI (2003) Bila dievaluasi menurut atribut sisten surveilans, tidak dapat memenuhi semua atribut, yang bisa dipenuhi hanya kesederhanaan, representative, kualitas data dan akseptibilitas. Semoga hasil penelitian yang bersifat evaluasi ini tidak hanya menjadi wacana namun juga dapat bermanfaat secara nyata. Juga secara khusus bisa berdampak pada pengembangan dan pelaksanaan sistem surveilans epidemiologi penyakit kusta. Secara umum bisa bermanfaat bagi pengembangan dan perbaikan sistem surveilans epidemiolosi penyakit di Indonesia terutama sistem surveilans epidemiologi kusta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 64/09 ASt a (FULLTEXT TIDAK TERSEDIA)
Uncontrolled Keywords: MYCOBACTERIUM LEPRAE
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA648.5-767 Epidemics. Epidemiology. Quarantine. Disinfection
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
Agustine Dwi AstutiUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorLucia Y.Hendrati, S.KM., M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 12 Jul 2010 12:00
Last Modified: 01 Oct 2016 07:53
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/24116
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item