ANALISIS KARAKTERISTIK PEKERJA DENGAN PENGETAHUAN DAN PEMAKAIAN APD DI LABORATORIUM UNIT PRODUKSI PT.PERTANIAN (PERSERO)REFINERY UNIT BALIKPAPAN

Dewi Endah Ramadhani, 130676012 (2009) ANALISIS KARAKTERISTIK PEKERJA DENGAN PENGETAHUAN DAN PEMAKAIAN APD DI LABORATORIUM UNIT PRODUKSI PT.PERTANIAN (PERSERO)REFINERY UNIT BALIKPAPAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2010-ramadhanid-12508-fkm650-k.pdf

Download (236kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2010-ramadhanid-10957-fkm650-a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Laboratorium memiliki peran penting dalam menunjang mutu dan penelitian di bidang produksi migas. Analisis yang dilakukan di laboratorium memiliki resiko bahaya kimia cukup tinggi terutama paparan Pb. Sehingga perlu adanya upaya pengendalian secara teknis, administratif dan pemakaian APD. Pemakaian APD merupakan upaya pengendalian terakhir namun sangatlah penting bagi seluruh pekerja laboratorium untuk memiliki pengetahuan yang baik mengenai pemakaian APD yang sesuai pada saat analisis. Tujuan penelitian adalah mengidentifikasi dan menganalisis korelasi karakteristik pekerja (umur, tingkat pendidikan dan masa kerja) dengan pengetahuan pekerja tentang APD, serta korelasinya dengan pemakaian APD. Diharapkan penelitian ini dapat meningkatkan sistem keselamatan dan kesehatan kerja di perusahaan tersebut. Penelitian bersifat observasional dengan rancangan cross sectional dan pengolahan data secara analitik menggunakan uji korelasi Pearson. Responden dalam penelitian sebanyak 57 orang dengan cara pengambilan sample secara acak dari populasi. Pengumpulan data menggunakan kuesioner, wawancara dan observasi langsung kepada responden. Berdasarkan hasil penelitian, pengetahuan pekerja tentang APD berkorelasi dengan tingkat pendidikan pekerja (p=0,003), umur tidak berkorelasi dengan pengetahuan (p=0,111) dan masa kerja juga tidak berkorelasi dengan pengetahuan (p=0,747). Penggunaan APD khusus maupun APD wajib merupakan salah satu wujud perilaku pekerja yang berkorelasi dengan tingkat pengetahuan pekerja mengenai bahaya di tempat kerja serta pentingnya APD itu sendiri (p=0,000). Sebagai hasil dari analisis diatas, maka perlu adanya pengawasan dan pengendalian terhadap pemakaian dan penyimpanan APD khusus laboratorium agar pekerja tidak membawa pulang APD tersebut untuk menghindari pekerja tidak memakai APD khusus laboratorium karena lupa membawa kembali APD tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 65/09 Ram a
Uncontrolled Keywords: HAZARDOUS OCCUPATIONS
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsEmail
Dewi Endah Ramadhani, 130676012UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorDenny, Dr.UNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 12 Jul 2010 12:00
Last Modified: 01 Oct 2016 07:57
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/24117
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item