HUBUNGAN INTENSITAS KEBISINGAN DENGAN KADAR KOLESTEROL DARAH DI PABRIK III PT PETROKIMIA GRESIK

Arifin, 100730293 (2009) HUBUNGAN INTENSITAS KEBISINGAN DENGAN KADAR KOLESTEROL DARAH DI PABRIK III PT PETROKIMIA GRESIK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2010-arifin-12563-fkm760-k.pdf

Download (350kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2010-arifin-10970-fkm760-h.pdf
Restricted to Registered users only

Download (850kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kebisingan adalah semua suara yang tidak dikehendaki yang bersumber dari alat-alat proses produksi dan atau alat-alat kerja yang pada tingkat tertentu dapat menimbulkan gangguan pendengaran. Kebisingan selain dapat menyebabkan gangguan pendengaran juga dapat menyebabkan gangguan faal tubuh yaitu menigkatnya kadar kolesterol darah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan intensitas kebisingan dengan kadar kolesterol darah karyawan di bagian Asam Fosfat dan bagian Perencanaan dan Pengendalian Pemeliharaan Pabrik III PT Petrokimia Gresik. Penelitian ini menggunakan rancangan Cross Sectional karena pengambilan datanya dilakukan pada periode waktu tertentu. Sampel ditentukan dari populasi yang mempunyai kriteria tertentu. Tehnik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dengan mengundi angka random sehingga setiap responden yang memenuhi kriteria mempunyai peluang yang sama. Sampel yang diambil sebanyak 43 orang dari bagian Asam Fosfat dan 20 orang dari bagian Perencanaan dan Pengendalian Pemeliharaan pada periode waktu Januari-April 2009. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data diperoleh dari dokumen perusahaan dan pengukuran dengan menggunakan alat Sound Level Meter, sedangkan data responden diperoleh dari wawancara dengan kuesioner. Data yang diperoleh diuji dengan menggunakan uji statistik Chi-Square didapatkan hasil perhitungan Pearson Chi-Square (χ² = 9,328) dengan tingkat signifikansi = 0,009 < (α = 0,05) artinya Ho ditolak, hal ini menunjukkan terdapat hubungan antara intensitas kebisingan dengan kadar kolesterol darah dengan koefisien kontingensi sebesar 0,359. Dari hal tersebut dapat disimpulkan bahwa intensitas kebisingan berhubungan dengan peningkatan kadar kolesterol darah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 76/09 Ari h
Uncontrolled Keywords: HEARING; CHOLESTEROL
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV675-677 Accidents. Prevention of accidents
T Technology > T Technology (General) > T55-T55.3 Industrial safety. Industrial accident prevention
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Keselamatan dan Kesehatan Kerja
Creators:
CreatorsEmail
Arifin, 100730293UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorM. Sulaksmono,, dr., M.S., M.PH, SpOKUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 13 Jul 2010 12:00
Last Modified: 03 Oct 2016 07:26
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/24128
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item