HIGIENE DAN SANITASI MAKANAN NASI KRAWU DI KECAMATAN GRESIK KABUPATEN GRESIK

Trika Yunita Kusumawati, 100511760 (2009) HIGIENE DAN SANITASI MAKANAN NASI KRAWU DI KECAMATAN GRESIK KABUPATEN GRESIK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2010-kusumawati-12575-fkm840-k.pdf

Download (308kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2010-kusumawati-10984-fkm840-h.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Makanan adalah kebutuhan pokok manusia yang diperlukan setiap saat dan harus dikelola dengan baik dan benar agar bermanfaat bagi tubuh. Dengan meningkatnya kebutuhan masyarakat terhadap makanan semakin menambah banyaknya pedagang makanan seperti rumah makan, restoran, jasa boga dan pedagang makanan kaki lima. Makanan tersebut haruslah terjamin kesehatan dan keselamatannya dan hal ini hanya dapat terwujud bila ditunjang dengan keadaan higiene dan sanitasi yang baik dan dipelihara oleh pengelola dan masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mempelajari higiene dan sanitasi makanan nasi krawu di Kecamatan Gresik Kabupaten Gresik Penelitian ini merupakan penelitian observasional yang bersifat deskriptif. Berdasarkan rentang waktunya merupakan penelitian Cross Sectional. Sampel diambil secara non probability sampling dengan metode accedental sampling yaitu pengambilan sampel dilakukan berdasarkan sempel yang tersedia yaitu 32 pedagang. Kesimpulan dari penelitian ini adalah higiene sanitasi makanan nasi krawu di Kecamatan Gresik Kabupaten Gresik telah memenuhi syarat kesehatan (87,5%) dengan rincian sub variabel yang diteliti sebagai berikut : Higiene penjamah makanan belum memenuhi syarat kesehatan (25%), sanitasi sarana telah memenuhi syarat kesehatan (75%), sanitasi prasarana telah memenuhi syarat kesehatan (84,4%), sanitasi makanan telah memenuhi syarat kesehatan (75%). Saran bagi instansi terkait adalah melakukan pengawasan dan penyuluhan higiene sanitasi makanan untuk meningkatkan kondisi higiene dan sanitasi makanan nasi krawu di Kecamatan Kabupaten Gresik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 84/09 Kus h
Uncontrolled Keywords: HYGIENE; SANITATION
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA601-602 Food and food supply in relation to public health
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Lingkungan
Creators:
CreatorsNIM
Trika Yunita Kusumawati, 100511760UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDr. Ririh Yudhastuti,, drh., M.SUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 14 Jul 2010 12:00
Last Modified: 03 Oct 2016 08:49
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/24136
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item