PENGARUH FAKTOR MOTIVATOR DAN HYGIENE TERHADAP TINGKAT KEPUASAN KERJA PERAWAT DI RUANG RAWAT INAP RSI SURABAYA A.YANI

Lili Pildhiya, 100311174 (2009) PENGARUH FAKTOR MOTIVATOR DAN HYGIENE TERHADAP TINGKAT KEPUASAN KERJA PERAWAT DI RUANG RAWAT INAP RSI SURABAYA A.YANI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2010-pildhiyali-12588-fkm910-k.pdf

Download (319kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2010-pildhiyali-10995-fkm910-p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kepuasan kerja adalah keadaan emosional yang menyenangkan atau tidak menyenangkan bagi karyawan dalam memandang pekerjaan mereka. Kepuasan kerja karyawan dipengaruhi oleh banyak hal, antara lain faktor motivator dan hygiene. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh faktor motivator dan hygiene terhadap tingkat kepuasan kerja perawat di Ruang Rawat Inap RSI Surabaya A. Yani. Penelitian ini menggunakan metode observasional dengan rancang bangun cross sectional. Penelitian ini dilaksanakan dengan cara wawancara yang bersifat survai dan berdasarkan rumus cluster random sampling, maka didapatkan 42 sampel penelitian. Data yang telah diambil kemudian dianalisis secara deskriptif dengan tabulasi silang dan secara analitik menggunakan uji “Regresi Logistik Ordinal – optimal scaling” ( = 0,05). Hasil penelitian pada faktor motivator didapatkan gambaran bahwa prestasi kerja responden masuk dalam kategori baik (64,29%), penghargaan yang diterima responden tidak baik (54,76%), pekerjaan yang dijalani oleh responden (57,14%) di Ruang Rawat Inap RSI Surabaya A. Yani masuk dalam kategori tidak menyenangkan, dan (50%) responden masuk dalam kategori promosi jabatan yang ada terbuka. Sedangkan pada faktor hygiene diketahui bahwa hubungan antarpribadi yang ada masuk dalam kategori baik (76,2%), teknik pengawasan yang ada masuk dalam kategori tidak ketat (50%), besar gaji yang diterima oleh responden (61,91%) dapat dikategorikan tidak sesuai, dan kondisi lingkungan kerja responden masuk dalam kategori baik (80,95%). Pada tingkat kepuasan kerja, (59,52%) responden merasa puas bekerja di Ruang Rawat Inap RSI Surabaya A. Yani. Berdasarkan hasil perhitungan statistik, disimpulkan bahwa dari seluruh faktor yang diteliti ternyata hanya kondisi lingkungan kerja yang tidak berpengaruh terhadap kepuasan kerja responden. Untuk meningkatkan kepuasan kerja dapat dilakukan dengan pemberian predikat perawat teladan sebagai bentuk penghargaan dan penilaian mengenai kepuasan kerja bagi perawat secara berkesinambungan agar dapat dicapai kepuasan kerja secara maksimal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 91/09 Lil p
Uncontrolled Keywords: JOB SATISFACTION
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Administrasi Kebijakan Kesehatan
Creators:
CreatorsNIM
Lili Pildhiya, 100311174UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRatna Dwi Wulandari, S.KM, M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 15 Jul 2010 12:00
Last Modified: 03 Oct 2016 09:19
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/24143
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item