HUBUNGAN KARAKTERISTIK TENAGA KERJA DENGAN KECELAKAAN KERJA DI PT. LAWU JAYA SURABAYA

Tri Meryana, 109910642 (2008) HUBUNGAN KARAKTERISTIK TENAGA KERJA DENGAN KECELAKAAN KERJA DI PT. LAWU JAYA SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2010-meryanatri-13350-fkm170-k.pdf

Download (99kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2010-meryanatri-11519-fkm170-h.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Salah satu masalah yang selalu ada pada setiap proses produksi adalah masalah ketenagakerjaan, dan ini masalah pokok. Masalah ketenagakerjaan yang memerlukan perhatian adalah masalah tingginya angka kecelakaan kerja. Dari berbagai penelitian, 85% dari sebab-sebab kecelakaan kerja adalah faktor manusia. Maka dari itu usaha untuk memahami berbagai hal yang berhubungan dengan kecelakaan kerja dari sisi manusia perlu dilakukan. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan antara karakteristik tenaga kerja yang meliputi umur, tingkat pendidikan, masa kerja, status perkawinan dan pengetahuan risiko bahaya baik pengetahuan terhadap gejala awal kecelakaan kerja, pengetahuan terhadap risiko kecelakaan kerja, pengetahuan terhadap cara pencegahan kecelakaan kerja dengan kecelakaan kerja pada tenaga kerja di PT. Lawu Jaya Surabaya. Penelitian ini menggunakan data primer, yaitu data diperoleh langsung dari obyek penelitian dengan cara menggunakan kuesioner dan wawancara mendalam. Bila dilihat dari sisi waktu, maka penelitian ini merupakan penelitian cross sectional, yaitu penelitian yang dilakukan pada waktu tertentu. Dan bila dilihat dari sistem analisisnya, maka penelitian ini adalah penelitian analitik, yaitu penelitian yang menghubungkan suatu fenomena tertentu dengan fenomena lain. Jumlah responden yang digunakan adalah 50 responden. Metode pengambilan sampel adalah random dan untuk menganalisis pola hubungan digunakan analisis korelasi Chi-Square dengan derajat signifikansi  = 0,05. Dari hasil analisis disimpulkan umur ada hubungan yang signifikan dengan kecelakaan kerja (p = 0,043); tingkat pendidikan tidak ada hubungan yang signifikan dengan kecelakaan kerja (p = 0,034); status perkawinan ada hubungan yang signifikan dengan kecelakaan kerja (p = 0,002); masa kerja ada hubungan yang signifikan dengan kecelakaan kerja (p = 0,007). Pengetahuan tentang risiko bahaya ada hubungan yang signifikan dengan kecelakaan kerja (p = 0,001). Beberapa saran yang diajukan adalah selalu meningkatkan tingkat pengetahuan khususnya pengetahuan dalam mengenali gejala awal kecelakaan, pengetahuan terhadap risiko kecelakaan kerja dan mengerti serta memahami bagaimana cara mencegah kecelakaan. Disarankan juga mencari karyawan dengan pendidikan minimal SMA serta peningkatan pengetahuan dan keterampilan khusus sesuai dengan bidang pekerjaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 170/08 Mer h
Uncontrolled Keywords: INDUSTRIAL ACCIDENTS
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV675-677 Accidents. Prevention of accidents
T Technology > T Technology (General) > T55-T55.3 Industrial safety. Industrial accident prevention
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Keselamatan dan Kesehatan Kerja
Creators:
CreatorsNIM
Tri Meryana, 109910642UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorEndang Dwiyanti,, Dra, M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 20 Sep 2010 12:00
Last Modified: 04 Oct 2016 02:51
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/24178
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item