Pengaruh senam nifas terhadap status kesehatan ibu nifas

Henny Hidayati, 100210940 (2008) Pengaruh senam nifas terhadap status kesehatan ibu nifas. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2010-hidayatihe-13354-fkm174-k.pdf

Download (91kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2010-hidayatihe-11528-fkm174-p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pada masa kehamilan dan persalinan telah terjadi perubahan fisik, beberapa otot mengalami penguluran, terutama otot rahim dan perut. Setelah melahirkan, rahim tidak secara cepat kembali seperti semula, tetapi melewati proses. Proses pemulihan kesehatan pada masa nifas merupakan hal yang sangat penting bagi ibu setelah melahirkan. Oleh karena itu, untuk mengembalikan ke kondisi semula atau masa pemulihan lebih baik supaya tubuh tetap sehat diperlukan suatu senam yang dikenal dengan nama senam nifas. Penelitian dilaksanakan dengan rancangan cohort prospektif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Wawancara dilaksanakan pada 30 responden ibu nifas. Subyek ditarik dari populasi dengan cara simple random sampling. Wawancara mendalam dilakukan untuk mendapatkan informasi yang lebih mendalam variabel-variabel yang diteliti. Variabel antara/perancu penelitian adalah umur, pendidikan, pekerjaan, pendapatan, persalinan terakhir. Variabel bebas penelitian adalah keikutsertaan senam nifas dan variabel tergantung adalah status kesehatan ibu nifas yang meliputi komplikasi, penciutan rahim, pembengkakan bagian tubuh, perawatan luka jahitan, proses menyusui, ambulasi/mobilisasi dini, buang air kecil, buang air besar, pola makan dan minum. Hasil analisis yang menunjukkan perbedaan status kesehatan antara yang mengikuti senam nifas dan tidak mengikuti senam nifas adalah hanya ambulasi/mobilisasi dini dan buang air besar dari beberapa variabel lainnya. Kesimpulan yang dapat ditarik adalah status kesehatan ibu nifas antara yang mengikuti senam nifas dan tidak mengikuti senam nifas hampir semua variabel yang meliputinya tidak ada perbedaan, hanya ambulasi/mobilisasi dini dan buang air besar yang berbeda.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 174/08 Hid p
Uncontrolled Keywords: POSNATAL CARE
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics > RG1-991 Gynecology and obstetrics > RG500-991 Obstetrics > RG551-591 Pregnancy
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Biostatistika dan Kependudukan
Creators:
CreatorsEmail
Henny Hidayati, 100210940UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorDr. Hari Basuki Notobroto, dr, M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 21 Sep 2010 12:00
Last Modified: 04 Oct 2016 03:01
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/24181
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item