PENERAPAN PEMERIKSAAN KESEHATAN KERJA PADA PETUGAS CLEANING SERVICE DI RSUD KOTA MADIUN

Erlin Dwi Marfuah (2009) PENERAPAN PEMERIKSAAN KESEHATAN KERJA PADA PETUGAS CLEANING SERVICE DI RSUD KOTA MADIUN. Tugas Akhir D3 thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2010-marfuaherl-13692-fkmhkk-k.pdf

Download (93kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2010-marfuaherl-11720-fkmhkk-p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (653kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Rumah sakit merupakan tempat kerja yang memiliki risiko bahaya kesehatan, sehingga penyelenggaraan kesehatan dan keselamatan kerja di rumah sakit perlu mendapat perhatian yang serius. Petugas cleaning service adalah salah satu tenaga kerja yang berisiko tinggi untuk mengalami kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja. Melihat kondisi itu, penerapan pemeriksaan kesehatan kerja petugas cleaning service merupakan aspek penting sebagai salah satu upaya pencegahan terhadap potensi bahaya di rumah sakit. Tujuan umum dari penelitian adalah mengetahui penerapan pemeriksaan kesehatan kerja pada petugas cleaning service di RSUD kota Madiun. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif observasional. Populasi penelitian adalah seluruh petugas cleaning service di RSUD Kota Madiun yang berjumlah 13 orang. Variabel dalam penelitian ini adalah karakteristik responden meliputi umur, jenis kelamin, masa kerja tingkat pendidikan, dan Sistem penyelenggaraan pemeriksaan kesehatan kerja pada petugas cleaning service yang meliputi pemeriksaan kesehatan awal, berkala dan khusus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem penyelenggaraan pemeriksaan kesehatan kerja yang meliputi pemeriksaan kesehatan awal, berkala dan khusus pada petugas cleaning service tidak dilakukan. Rumah sakit disarankan untuk segera merumuskan tujuan dan program K3RS dalam kebijakan tertulis untuk menunjang pelaksanaan K3RS yang bermanfaat bagi akreditasi rumah sakit, membentuk Panitia Kesehatan dan Keselamatan Kerja Rumah Sakit agar program Kesehatan dan Keselamatan Kerja di Rumah Sakit lebih terarah dan setiap program pelayanan kesehatan kerja bisa dilaksanakan dengan baik. Sebaiknya pemeriksaan kesehatan kerja meliputi pemeriksaan kesehatan awal, berkala dan khusus disediakan bagi seluruh karyawan baik karyawan tetap maupun outsourcing.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKC KK FKM HKK 42/09 Mar p
Uncontrolled Keywords: OCCUPATIONAL HEALTH SERVICES
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV675-677 Accidents. Prevention of accidents
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Keselamatan dan Kesehatan Kerja
Creators:
CreatorsNIM
Erlin Dwi MarfuahNIM100610347-H
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNoeroel Widajati,, S.KM, M.ScUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 21 Oct 2010 12:00
Last Modified: 04 Oct 2016 03:49
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/24188
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item