UPAYA PENGEMBANGAN SISTEM PENILAIAN KINERJA INDIVIDU PADA PERAWAT PELAKSANA DI UNIT RAWAT INAP RUMAH SAKIT ONKOLOGI SURABAYA

IIN HINDRAWATI, 100370359 (2009) UPAYA PENGEMBANGAN SISTEM PENILAIAN KINERJA INDIVIDU PADA PERAWAT PELAKSANA DI UNIT RAWAT INAP RUMAH SAKIT ONKOLOGI SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2010-hindrawati-12665-abstract-9.pdf

Download (302kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2010-hindrawati-11759-fkm280-u.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini membahas tentang upaya penegembangan sistem penilaian kinerja individu perawat pelaksana di unit Rawat Inap Rumah Sakit Onkologi Surabaya. Selama ini penilaian kinerja individu belum pernah dilakukan kepada karyawan tetap khususnya perawat. Padahal penilaian kinerja sangat penting sebagai dasar evaluasi dan pengembangan kinerja karyawan dalam mencapai tujuan organisasi rumah sakit. Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan rancangan penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan instrumen kuisioner untuk mengetahui uraian tugas pokok perawat pelaksana dan indikator penilaian. Adapun responden penelitian adalah penanggung jawab atau kepala ruangan seluruh unit kerja di Divisi Pelayanan Keperawatan dan dokter tetap Rumah Sakit Onkologi Surabaya. Rancang penelitian yang kedua adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan instrumen focus group discussion untuk memperoleh informasi tentang metode penilaian yang diharapkan oleh informan untuk menilai kinerja perawat pelaksana di unit Rawat Inap. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa pada uraian tugas pokok terdiri dari dua kelompok besar yaitu uraian tugas pelayanan keperawatan dan uraian tugaspelayanan administratif. Sedangkan pada metode penilaian, pada aspek indikator penilaian terdiri dari lima indikator yaitu indikator pelayanan keperawatan, indikator pelayanan administratif, indikator perilaku kerja, indikator penerapan budaya organisasi, indikator penambah nilai dan indikator pengurang nilai. Kesimpulan yang dapat ditarik dari penelitian tersebut adalah sistem penilaian kinerja individu perawat pelaksana di unit Rawat Inap terdiri dari kompetensi pelayanan keperawatan dan administratif, perilaku kerja dan penerapan budaya organisasi sebagai input. Adapun prosesnya adalah melaksanakan penilaian kinerja dengan menggunakan metode rating scale rating scale yang dilaksanakan secara formal sekali dalam setahun dan secara informal sewaktu-waktu bila diperlukan, penilaian dilakukan oleh petugas yang telah ditetapkan yaitu atasan langsung, atasan tidak langsung dan rekan kerja yang sebelumnya telah mendapatkan pelatihan tentang metode penilaian. Out put dari penilaian adalah berupa hasil penilaian yang terdiri dari lima kategori yaitu istimewa, baik, rata-rata, kurang baik dan buruk.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM.280/09 Hin u
Uncontrolled Keywords: NURSING ASSESSMENT
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Administrasi Kebijakan Kesehatan
Creators:
CreatorsEmail
IIN HINDRAWATI, 100370359UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorDr. Nyoman Anita Damayanti,, drg., M.SUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 03 Nov 2010 12:00
Last Modified: 04 Oct 2016 03:56
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/24189
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item