UPAYA MENINGKATKAN KEPUASAN KERJA KARYAWAN DI RUMAH SAKIT MUHAMMADIYAH SURABAYA

TOTOK WAHYUDI, 100211020 (2009) UPAYA MENINGKATKAN KEPUASAN KERJA KARYAWAN DI RUMAH SAKIT MUHAMMADIYAH SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2010-wahyuditot-13091-abstrak-9.pdf

Download (307kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2010-wahyuditot-11773-fkm293-u.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Rumah Sakit Muhammadiyah Surabaya adalah fasilitas pelayanan kesehatan milik organisasi keagamaan Muhammadiyah. Pelayanan yang diberikan meliputi pelayanan rawat inap, rawat jalan, beserta pelayanan penunjang seperti laboratorium, USG dan NST, juga didukung oleh beberapa dokter spesialis. Pada survey awal kepuasan kerja karyawan Rumah Sakit Muhammadiyah Surabaya ditemukan bahwa dalam beberapa faktor didapatkan bahwa kepuasan kerja karyawan belum optimal. Berdasarkan survei awal tersebut maka penelitian ini dilakukan. Penelitian ini merupakan penelitian cross sectional dan merupakan studi kasus pada Rumah Sakit Muhammadiyah Surabaya sehingga hasil penelitian ini tidak bisa digeneralisasi untuk rumah sakit lain. Populasi responden yang digunakan pada penelitian ini adalah seluruh karyawan yang ada di Rumah Sakit Muhammadiyah Surabaya yang mempunyai masa kerja lebih dari setahun dan tidak masuk dalam jajaran struktural manajemen yang berjumlah 33 karyawan. Dalam penelitian ini karyawan yang bersedia menjadi responden hanya 29 orang, 3 menolak dan 1 orang sedang sakit. Untuk menganalisis pengaruh faktor individu, organisasi dan lingkungan kerja dan yang paling dominan terhadap kepuasan kerja digunakan uji análisis regresi logistik ganda. Dalam uji deskriptif disajikan nilai frekuensi jawaban dan prosentasenya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat faktor yang dominan terhadap kepuasan kerja karyawan Rumah Sakit Muhammadiyah Surabaya, yaitu faktor kebijakan manajemen (p=0,007) dan keterlibatan dalam organisasi (p=0,018). Hal ini berarti bahwa semakin tinggi kepuasan kerja karyawan terhadap kedua faktor tersebut semakin tinggi pula kepuasan kerja karyawan Rumah Sakit Muhammadiyah Surabaya. Kesimpulan yang didapat adalah faktor yang dominan berpengaruh terhadap kepuasan kerja karyawan adalah faktor kebijakan manajemen dan keterlibatan karyawan dalam organisasi. Rekomendasi yang diberikan sebagai upaya perbaikan adalah sosialisasi kebijakan manajemen yang lebih baik, merealisasikan setiap saran dan usulan dari karyawan yang bersifat konstuktif bagi perkembangan dan kemajuan rumah sakit, memberi kemudahan karyawan dalam mengakses kebijakan manajemen yang ada.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM. 293 / 09 Wah u
Uncontrolled Keywords: JOB SATISFACTION, HOSPITAL ETHICS
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5546-5548.6 Office management
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Administrasi Kebijakan Kesehatan
Creators:
CreatorsEmail
TOTOK WAHYUDI, 100211020UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorDr. Nyoman Anita Damayanti., drg., M.S.UNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 08 Nov 2010 12:00
Last Modified: 04 Oct 2016 04:23
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/24200
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item