IDENTIFIKASI KEBUTUHAN DAN HARAPAN MASYARAKAT DALAM PEMANFAATAN PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS SEBAGAI USULAN PENYUSUNAN PERATURAN DAERAH PELAYANAN KESEHATAN KOTA SURABAYA

EKA YULIATUM MASRUROH, 100511652 (2009) IDENTIFIKASI KEBUTUHAN DAN HARAPAN MASYARAKAT DALAM PEMANFAATAN PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS SEBAGAI USULAN PENYUSUNAN PERATURAN DAERAH PELAYANAN KESEHATAN KOTA SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2010-masrurohek-13162-abstrak-9.pdf

Download (316kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2010-masrurohek-11783-fkm303-i.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Puskesmas adalah organisasi fungsional dan merupakan ujung tombak pelayanan kesehatan dasar dari pemerintah bagi masyarakat luas yang dilakukan secara menyeluruh dan terpadu. Masalah yang akan dikaji lebih dalam pada penelitian ini adalah terjadinya penurunan jumlah kunjungan Puskesmas yang cukup tajam pada bulan Januari sebesar 46,11% dari 748.071 kunjungan menjadi 275.144 kunjungan di bulan Juli tahun 2008 akibat pendisiplinan pelaksanaan Peraturan Daerah Retribusi Pelayanan Kesehatan Kota Surabaya No.11 Tahun 2003 di wilayah Kota Surabaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan rancangan Cross Sectional. Penelitian dilakukan di Kota Surabaya. Besar Sampel pertama adalah 10 Kepala Puskesmas sebagai responden, Puskesmas yang diambil secara Purposive Sampling sedangkan sampel kedua adalah 150 responden masyarakat secara Accidental Sampling. Hasil penelitian adalah teridentifikasi kebutuhan dan harapan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan di Puskesmas baik dari pihak Puskesmas maupun masyarakat. Sumber daya kesehatan di Puskesmas meliputi pelayanan yang sering dimanfaatkan adalah pengobatan, belum semua Puskesmas memiliki kelengkapan sarana dan prasarana, tenaga kesehatan di Puskesmas tergolong cukup serta upaya mengelola keluhan adalah dengan memberikan pembinaan kepada petugas kesehatan. Puskesmas berharap agar Perda yang ada bisa mendukung kerja Puskesmas tanpa menekan inovasi pelayanan yang ada. Karakteristik masyarakat adalah sebagian besar wanita, status sudah menikah, posisi di keluarga sebagai istri, tingkat pendidikan SLTA/SMA/sederajat, jenis pekerjaan sebagai ibu rumah tangga dan tingkat pendapatan keluarga tergolong ekonomi menengah ke atas. Sebagian besar masyarakat memanfaatkan pelayanan kesehatan di Puskesmas dan pernah memperoleh pengalaman atau informasi tidak menyenangkan. Masih ada jenis pelayanan yang tidak tersedia di Puskesmas tetapi dibutuhkan masyarakat. Sehingga masyarakat berharap agar pelayanan kesehatan yang ada bisa sesuai kebutuhan masyarakat. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan pelayanan kesehatan di Puskesmas dipengaruhi oleh karakteristik masyarakat dan kebijakan kesehatan yang ada. Sangat diperlukan adanya kerjasama dan komunikasi efektif antara penyedia layanan (Puskesmas) dengan Pemerintah. Sehingga tingkat kesehatan masyarakat juga akan meningkat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM. 303 / 09 Mas i
Uncontrolled Keywords: MENTAL HEALTH SERVICES
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5546-5548.6 Office management
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Administrasi Kebijakan Kesehatan
Creators:
CreatorsEmail
EKA YULIATUM MASRUROH, 100511652UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorDr. Thinni Nurul R.,, Dra.Ec., M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 09 Nov 2010 12:00
Last Modified: 04 Oct 2016 06:10
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/24209
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item