HUBUNGAN HIGIENE PERORANGAN SANTRI DAN SANITASI PONDOK PESANTREN DENGAN KEJADIAN PENYAKIT SCABIES

ALIF MELLIFERA, 100511726 (2009) HUBUNGAN HIGIENE PERORANGAN SANTRI DAN SANITASI PONDOK PESANTREN DENGAN KEJADIAN PENYAKIT SCABIES. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2010-melliferaa-13159-abstrak-9.pdf

Download (360kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2010-melliferaa-11784-fkm304-h.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis hubungan higiene perorangan santri dan sanitasi pondok pesantren dengan kejadian penyakit scabies di asrama pondok pesantren Miftahul ‘Ula yang terletak di Desa Nglawak Kecamatan Kertosono Kabupaten Nganjuk. Penelitian ini termasuk penelitian observasional, cross sectional dengan desain penelitian yang bersifat analisis inferensial. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara simple random sampling. Populasi dari penelitian ini adalah santri-santri pondok pesantren Miftahul ’Ula sebanyak 61 responden. Instrumen penelitian berupa kuesioner, chek list, dan pedoman indepth interview. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara dengan santri dan pengelola pondok pesantren dan observasi terhadap sanitasi pondok pesantren. Data yang telah diambil kemudian dianalisis secara diskriptif dengan tabulasi dan secara analitik menggunakan uji Fisher’s Exact test (α = 0,05). Faktor higiene perorangan santri yaitu frekuensi mandi dalam sehari, kebiasaan memotong kuku dalam seminggu, kebiasaan mencuci tangan setelah menyelesaikan pekerjaan, kebiasaan kebiasaan cuci tangan sesudah BAB, frekuensi mencuci pakaian dalam seminggu, frekuensi mengganti pakaian bersih dalam seminggu, cara menyimpan pakaian, memiliki hubungan yang sangat kuat terhadap kejadian penyakit kulit yang diderita oleh santri di Pondok Pesantren Miftahul ‘Ula terutama penyakit scabies (Fisher’s Exact test, semua p<0,05). Faktor sanitasi pondok pesantren pada santri di asrama Pondok Pesantren Miftahul ‘Ula yang memiliki hubungan yang sangat kuat terhadap prevalensi kejadian penyakit kulit yang diderita oleh santri di Pondok Pesantren Miftahul ‘Ula yaitu penyakit scabies adalah sumber air yang dipakai sehari-hari, kondisi air berbau, kondisi air berasa, pencahayaan, kebiasaan membuka jendela, kebiasaan menggunakan alas tidur seperti tikar atau kasur tipis, serta kebiasaan menggunakan alas tidur, bantal guling secara bersama-sama. Berdasarkan hasil penelitian, untuk mengatasi hal tersebut perlu adanya perbaikan keadaan fisik sanitasi pondok pesantren yaitu penambahan jumlah kamar yang ada dan melengkapi fasilitas kamar tidur, seperti lemari agar mereka dapat menyimpan pakaian mereka dengan rapi, sehingga resiko terjadi penyakit kulit khususnya penyakit scabies dapat dihindari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM. 304 / 09 Mel h
Uncontrolled Keywords: HYGIENE; SCABIES
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA773-788 Personal health and hygiene
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Lingkungan
Creators:
CreatorsEmail
ALIF MELLIFERA, 100511726UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorRetno Adriyani, S.T.,M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 09 Nov 2010 12:00
Last Modified: 04 Oct 2016 06:13
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/24210
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item