HUBUNGAN FAKTOR LINGKUNGAN, KEBIASAAN KONSUMSI FAST FOOD DAN AKTIVITAS FISIK DENGAN KEJADIAN OBESITAS PADA ANAK SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) DI SURABAYA

Putih Sanggarsari, 100610131 (2010) HUBUNGAN FAKTOR LINGKUNGAN, KEBIASAAN KONSUMSI FAST FOOD DAN AKTIVITAS FISIK DENGAN KEJADIAN OBESITAS PADA ANAK SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) DI SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (abstrak)
gdlhub-gdl-s1-2011-sanggarsar-14514-fkm311-k.pdf

Download (88kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
download.php_id=gdlhub-gdl-s1-2011-sanggarsar-12181&no=1
Restricted to Registered users only

Download (1kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Saat ini gizi lebih (obesitas) remaja merupakan epidemik di negara maju, seperti Inggris, Brasil, Singapura dan dengan cepat berkembang di negara berkembang, terutama populasi kepulauan Pasifik dan Asia. Peningkatan obesitas pada remaja juga terjadi di kota-kota besar di Indonesia salah satunya adalah Surabaya yang banyak dijumpai gerai fast food sehingga menyebabkan gaya hidup berubah khususya remaja perkotaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan faktor lingkungan, kebiasaan konsumsi fast food dan aktivitas fisik dengan kejadian obesitas pada remaja usia Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Surabaya. Jenis penelitian ini adalah observasional analitik dengan sampel penelitian adalah anak sekolah menengah pertama (2 SMP) yang berusia 13 – 14 tahun, kelas VIII sebanyak 62 sampel. Pengambilan sampel dilakukan secara stratified random sampling, analisa data dilakukan dengan uji Mann Whitney test, Fisher’s exact test, dan Chi Square test. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan pada frekuensi konsumsi fast food (p= 0,003), pada pendidikan terakhir ibu dan pendapatan utama ayah (p= 0,047), dan pada frekuensi mengetahui iklan fast food (p= 0,073) dengan kejadian obesitas pada siswa sekolah menengah pertama (SMP) di Surabaya. Kejadian obesitas pada siswa SMP di Surabaya dipengaruhi oleh frekuensi konsumsi fast food, frekuensi mengetahui iklan dan aktivitas fisik tidak berpengaruh. Sesuai dengan hasil penelitian disarankan untuk memberikan penyuluhan tentang konsep keseimbangan energi dan dampak konsumsi fast food yang berlebihan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 31/10 San h
Uncontrolled Keywords: OBESITY
Subjects: T Technology > TX Home economics > TX341-641 Nutrition. Foods and food supply
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsEmail
Putih Sanggarsari, 100610131UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorTrias Mahmudiono, SKM MPH (Nutr)UNSPECIFIED
Depositing User: Turwulandari
Date Deposited: 17 Jan 2011 12:00
Last Modified: 03 Aug 2016 05:24
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/24239
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item