HUBUNGAN KARAKTERISTIK DAN KEBISINGAN TERHADAP TIMBULNYA STRES KERJA PADA POLISI LALU LINTAS (DI JALAN JENDRAL AHMAD YANI DAN WONOKROMO ) SURABAYA

muhammad Irfan, 100610031 (2010) HUBUNGAN KARAKTERISTIK DAN KEBISINGAN TERHADAP TIMBULNYA STRES KERJA PADA POLISI LALU LINTAS (DI JALAN JENDRAL AHMAD YANI DAN WONOKROMO ) SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (abstrak)
gdlhub-gdl-s1-2011-irfanmuham-18933-fkm031-k.pdf

Download (95kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
download.php_id=gdlhub-gdl-s1-2011-irfanmuham-15736&no=1
Restricted to Registered users only

Download (1kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Salah satu pekerjaan Polisi lalu lintas adalah melaksanakan kegiatan di bidang pengendalian lalu lintas. Hampir setiap hari Polisi Lalu Lintas selalu menghadapi keadaan lalu lintas yang bising. Kebisingan merupakan salah satu penyebab penyakit lingkungan yang penting dan kebisingan merupakan salah satu faktor penyebab gangguan psikologi yaitu stres kerja yang dapat membahayakan kesehatan maupun keselamatan kerja. Selain itu karakteristik tenaga kerja juga merupakan faktor utama yang dapat mempengaruhi adanya stress kerja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mempelajari hubungan karakteristik dan kebisingan lalu lintas terhadap timbulnya stres kerja pada Polisi Lalu Lintas di Jalan Jendral Ahmad Yani dan Wonokromo Surabaya. Penelitian ini adalah penelitian analitik dengan metode pengumpulan data secara observasional sedangkan menurut waktunya adalah cross sectional. Sampel dalam penelitian ini adalah Polisi Lalu Lintas dari Sat Lantas Polwitabes Surabaya yang bertugas di Jalan Jendral Ahmad Yani dan Wonokromo selama penelitian yang diambil secara total populasi sebanyak 25 personil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 25 personil, sebagian besar mengalami stres ringan yaitu sebanyak 18 orang (72%). Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa kebisingan di Jalan Ahmad Yani dan Wonokromo melebihi baku tingkat kebisingan Menteri Lingkungan Hidup yang dianjurkan yaitu sebesar 60 dBA. Hasil analisis hubungan yang kuat antara umur dengan terjadinya stres kerja. Sedangkan untuk masa kerja, pendidikan, status perkawinan, tipe kepribadian dan gangguan kebisingan terhadap timbulnya stres kerja menunjukkan hubungan yang lemah. Stres kerja sekecil apapun harus ditangani dan dikelola dengan segera. Lakukan pemantauan kebisingan secara rutin untuk mengetahui seberapa besar kebisingan yang diakibatkan oleh lalu lintas di jalan raya. Melibatkan psikiater ketika melakukan cek kesehatan berkala untuk mengetahui lebih dini dampak kesehatan dan stres kerja yang diakibatkan oleh kebisingan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 03 11 Irf h
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF1-940 Psychology
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsEmail
muhammad Irfan, 100610031UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorTri Martianan, Prof dr dr MSUNSPECIFIED
Depositing User: Turwulandari
Date Deposited: 30 May 2011 12:00
Last Modified: 03 Aug 2016 08:42
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/24247
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item