Identifikasi potensi bahaya dan upaya pengendalian kecelakaan kerja di pabrik za II unit produksi III PT. Petrokimia Gresik

Eckky Ariantoko, 100610041 (2010) Identifikasi potensi bahaya dan upaya pengendalian kecelakaan kerja di pabrik za II unit produksi III PT. Petrokimia Gresik. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (abstrak)
gdlhub-gdl-s1-2011-ariantokoe-19398-fkm121-k.pdf

Download (305kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
download.php_id=gdlhub-gdl-s1-2011-ariantokoe-16203&no=1
Restricted to Registered users only

Download (1kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Identifikasi bahaya di PT. Petrokimia Gresik merupakan hal yang wajib dilaksanakan sesuai ketentuan dari OHSAS 18001 melihat bahwa perusahaan ini mempunyai potensi bahaya yang sangat tinggi dan dapat menyebabkan kecelakaan kerja. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi potensi bahaya dengan metode Job Safety Analysis (JSA), mempelajari penilaian risiko, dan mempelajari upaya pengendalian kecelakaan kerja di Pabrik ZA II Unit Produksi III PT. Petrokimia Gresik. Penelitian ini adalah penelitian lapangan. Dari segi waktu, penelitian ini termasuk penelitian cross sectional. Dari pengambilan datanya, penelitian ini merupakan penelitian observasional yang dianalisis secara deskriptif. Sasaran dari penelitian ini adalah Pabrik ZA II Unit Produksi III PT. Petrokimia Gresik. Data yang digunakan adalah data primer berdasarkan hasil observasi dan wawancara serta data sekunder. Waktu penelitian adalah April – Mei 2010. Hasil penelitian menemukan 14 jenis bahaya dari data primer dan 13 jenis risiko dari data sekunder. Penilaian risiko ditemukan 14 jenis risiko. 11 bahaya dengan kategori rendah, 10 bahaya dengan kategori sedang, dan 4 bahaya dengan kategori tinggi. Hal tersebut dikarenakan dari setiap mesin produksi terdapat lebih dari 1 bahaya. Rencana pengendalian bahaya dan kecelakaan kerja dilakukan secara eliminasi, subtitusi, teknik, administratif, dan pemakaian alat pelindung diri. Kesimpulannya adalah ditemukan perbedaan jumlah bahaya antara data primer dan data sekunder, kegiatan risk assessment sudah dilakukan secara rutin setiap tahun. Risk assessment sebaiknya dilakukan secara rutin setiap bulan sehingga dapat ditetapkan tindakan pengendalian untuk mereduksi risiko dan kecelakaan kerja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 12/11 Ari i
Uncontrolled Keywords: INDUSTRIAL ACCIDENTS
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T55-T55.3 Industrial safety. Industrial accident prevention
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
Eckky Ariantoko, 100610041UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMulyono,, S.KM., MKes.UNSPECIFIED
Depositing User: Turwulandari
Date Deposited: 03 Aug 2011 12:00
Last Modified: 04 Aug 2016 03:04
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/24255
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item