MANAJEMEN RISIKO PADA PETUGAS PEMELIHARAAN LISTRIK II DI PT SEMEN GRESIK (PERSERO) TBK TERHADAP UPAYA PENGENDALIAN KECELAKAAN KERJA DAN GANGGUAN KESEHATAN

Anita Fatimah Puspitasari, 100610098 (2011) MANAJEMEN RISIKO PADA PETUGAS PEMELIHARAAN LISTRIK II DI PT SEMEN GRESIK (PERSERO) TBK TERHADAP UPAYA PENGENDALIAN KECELAKAAN KERJA DAN GANGGUAN KESEHATAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-puspitasar-20023-fkm171-k.pdf

Download (89kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
download.php_id=gdlhub-gdl-s1-2011-puspitasar-16775&no=1
Restricted to Registered users only

Download (1kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

PT Semen Gresik (Persero) Tbk adalah sebuah perusahaan yang memproduksi semen. Dalam proses operasinya, PT Semen Gresik (Persero) Tbk lebih banyak menggunakan energi listrik untuk memproduksi semen. Seluruh peralatan listrik ditangani oleh bagian pemeliharaan listrik. Oleh sebab itu, diperlukan penilaian risiko pada petugas listrik umtuk mencegah dan mengendalikan hazard di tempat kerja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menilai besarnya risiko kecelakaan kerja dan penerapannya pada petugas pemeliharaan listrik. Penelitian ini tergolong penelitian deskriptif dengan desain cross-sectional. Hasil penelitian dari identifikasi bahaya pada Unit PL II PT Semen Gresik (Persero) Tbk ditemukan sebanyak 30 temuan dari keseluruhan aktivitas yang dilakukan oleh petugas PL II yang meliputi pemeliharaan rutin dan non rutin. Dari seleksi ini terdapat 22 diantaranya termasuk dalam risiko tingkat rendah (L) dan 8 di antaranya tergolong risiko sedang (M). Metode penilaian risiko yang digunakan berpedoman pada Permenaker No Per. No.05/MEN/1996 tentang SMK3 (Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 17/11 Pus m
Uncontrolled Keywords: EMERGENCY MANAGEMENT
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Anita Fatimah Puspitasari, 100610098UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorSO'IM HIDAYAT, DR msUNSPECIFIED
Depositing User: Turwulandari
Date Deposited: 04 Oct 2011 12:00
Last Modified: 04 Aug 2016 04:38
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/24261
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item