PENGARUH PERUBAHAN STATUS RUMAH SAKIT TERHADAP BRAND KNOWLEDGE DAN UTILITY (Studi di RSUD Padangan Bojonegoro)

ATHA FITRIAN, 100710102 (2011) PENGARUH PERUBAHAN STATUS RUMAH SAKIT TERHADAP BRAND KNOWLEDGE DAN UTILITY (Studi di RSUD Padangan Bojonegoro). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (abstrak)
gdlhub-gdl-s1-2011-fitrianath-20108-fkm251-k.pdf

Download (134kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
gdlhub-gdl-s1-2011-fitrianath-16857-fkm251-p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (980kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian mengenai perubahan status rumah sakit terhadap brand knowledge dan utility dilakukan untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan masyarakat tentang perubahan status yang dari puskesmas menjadi rumah sakit kelas D. Hasil studi pendahuluan menyatakan BOR rawat inap 24,02% dengan tempat tidur 36 TT belum mencapai standar dari Depkes, hal tersebut membuktikan bahwa pemanfaatan rumah sakit terutama rawat inap belum optimal. Penelitian ini menggunakan pendekatan cross sectional dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah masyarakat yang tinggal dalam radius 3 km dan cara pengambilan sampel dengan cluster berdasarkan jarak tempat tinggal. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara keseluruhan masyarakat menyadar (awareness) keberadaan RSUD Padangan dengan 55% recall of brand dan 37% top of mine. Brand image sebagian besar responden mengatakan lebih baik dari saat berstatus puskesmas. Brand awareness berpengaruh signifikan terhadap frekuensi kunjungan dengan p=0,002 (p<0,05) dan β=2,545, dan brand image pada variabel manfaat kecocokan obat juga berpengaruh signifikan terhadap frekuensi kunjungan dengan p=0,02 dan β=-2,447. Kesimpulan yang dapat diambil bahwa yang mempengaruhi utility terutama frekuensi kunjungan di RSUD Padangan setelah perubahan status adalah brand awareness yang belum mencapai top of mine dan brand image dengan subvariabel manfaat kecocokan obat yang berbanding terbalik dengan frekuensi kunjungan, sedangkan subvariabel lain tidak berpengaruh. Disarankan untuk melakukan promosi dalam berbagai aspek dan meningkat mutu layanan khususnya terkait manfaat kecocokan obat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 25/11 Fit p
Uncontrolled Keywords: brand knowledge
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA960-1000.5 Medical centers. Hospitals. Dispensaries. Clinics
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
ATHA FITRIAN, 100710102UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorThinni Nurul R, DR Dra Ec MkesUNSPECIFIED
Thesis advisorStefanus Supriyanto, Prof. Dr. , dr., M.SUNSPECIFIED
Depositing User: Turwulandari
Date Deposited: 11 Oct 2011 12:00
Last Modified: 08 Aug 2016 09:02
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/24270
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item