ANALISIS SISTEM PENILAIAN KINERJA PELAKSANA PELAYANAN KESEHATAN (PPK) TINGKAT I OLEH PT. JAMSOSTEK : Studi Kasus di PT. Jamsostek Cabang Jember

ADI SUSANTO, 100210933 (2006) ANALISIS SISTEM PENILAIAN KINERJA PELAKSANA PELAYANAN KESEHATAN (PPK) TINGKAT I OLEH PT. JAMSOSTEK : Studi Kasus di PT. Jamsostek Cabang Jember. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2006-susantoadi-2518-fkm129_-k.pdf

Download (369kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULL TEXT)
24287.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penilaian kinerja terhadap pelayanan kesehatan memiliki arti yang sangat penting bagi peningkatan kualitas pelayanan kesehatan. Sebanyak 60% PPK tingkat I PT Jamsostek cabang Jember memperoleh nilai D dalam dua periode penilaian pada tahun 2005. Dengan terjadinya kasus ini, dapat dilihat masalah yang terjadi terletak pada sistem penilaian kinerja yang diterapkan. Tujuan penelitian ini adalah menyusun sistem penilaian kinerja PPK tingkat I berdasarkan hasil analisis kebutuhan dan harapan peserta program, PPK tingkat I dan Jamsostek terhadap sistem penilaian. Penelitian ini berdasarkan jenisnya adalah penelitian deskript<font color="#FF0000">if dengan menggunakan metode survey yang dilaksanakan secara cross sectional selama bulan Juni 2006. Sumber informasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah peserta program Jaminan Pemeliharaan Kesehatan (JPK), penanggung jawab PPK tingkat I dan tim penilai dari PT Jamsostek. Besar sumber informasi untuk peserta program JPK 70 orang diambil secara quota sampling, 10 penanggung jawab PPK tingkat I dan 5 anggota tim penilai diambil dengan cara total sampling. Sedangkan cara pengukuran dalam penilitian ini meliputi kuisioner terhadap peserta program JPK, wawancara dengan bantuan kuisioner terhadap Penanggung jawab PPK tingkat I dan kuisioner terhadap tim penilai. Sistem penilaian kinerja PPK tingkat I yang dilaksanakan oleh PT Jamsostek saat ini kurang tepat untuk diterapkan pada PPK tingkat I. Hal ini dikarenakan feed back yang dberikan oleh PT jamsostek tidak pernah ada tindak lanjut baik dari PPK tingkat I maupun dari pihak PT Jamsostek itu sendiri. PPK tingkat I berharap nilai minimal untuk dapat melanjutkan kontrak kerjasama dengan PT Jamsostek adalah kategori baik, dan media penilaian yang digunakan adalah gabungan kuisioner, wawancara dan observasi. Hal ini dimaksudkan agar PT Jamsostek paham terhadap kondisi PPK sebenarnya. Sementara dari item penilaian kinerja, PPK tingkat I menyatakan beberapa item tidak perlu untuk dimasukkan dalam item penilaian kinerja. Dari segi peserta program JPK, peserta mengharapkan pelayanan terbaik yang diberikan oleh PPK tingkat I. Hal ini ditunjukkan dengan pesetta menyatakan perlu terhadap semua item pertanyaan tentang hal-hal yang ada pada PPK tingkat I. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa sistem penilaian kineraja PPK tingkat I oleh PT Jamsostek cabang Jember kurang efektif. Beberapa hal perlu untuk dilakukan perubahan. Saran dari penelitian ini adalah item-item penilaian yang dirasa tidak perlu tidak digunakan dan perlu diadakan koordinasi bersama antara PPK tingkat I dan PT Jamsostek Cabang Jember agar tercipta kesamaan misi dan visi dalam mewujudkan pelayanan kesehatan yang berkualitas

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 129/06 Sus a
Uncontrolled Keywords: EMPLOYEES - RATING OF; MEDICAL CARE PERSONNEL
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3440-3460 Civil service. Government officials and employees
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA1-418.5 Medicine and the state > RA399 Regulation of medical practice. Evaluation and quality control of medical care. Medical audit
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
ADI SUSANTO, 100210933UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorNyoman Anita .D, Dr.,drg.,M.SUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Shela Erlangga Putri
Date Deposited: 10 Oct 2006 12:00
Last Modified: 06 Jun 2017 17:56
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/24287
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item