KAJIAN TERHADAP SISTEM PENYIMPANAN, PENCATATAN DAN PELAPORAN, DISTRIBUSI DALAM UPAYA PENGENDALIAN STAGNANT DAN STOCKOUT OBAT DI PUSKESMAS TAMAN SIDOARJO

DWI FATMAWATI, 100431588 (2006) KAJIAN TERHADAP SISTEM PENYIMPANAN, PENCATATAN DAN PELAPORAN, DISTRIBUSI DALAM UPAYA PENGENDALIAN STAGNANT DAN STOCKOUT OBAT DI PUSKESMAS TAMAN SIDOARJO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2006-fatmawatid-2623-fkm184_-k.pdf

Download (353kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULL TEXT)
24301.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Stagnant dan stockout obat merupakan salah satu dampak dari kurang berjalannya sistem logistik obat di pelayanan kesehatan yaitu Puskesmas. Puskesmas Taman Sidoarjo belum melaksanakan sistem logistik obat dengan baik meliputi sistem penyimpanan obat, pencatatan dan pelaporan obat, distribusi obat. Hal ini dapat dilihat dari data obat tentang tingginya stagnant dan stockout obat di Puskesmas Taman Sidoarjo tahun 2004 sebesar 95%. Tujuan penelitian ini adalah mengkaji sistem penyimpanan, pencatatan dan pelaporan, distribusi dalam upaya pengendalian stagnant dan stockout obat di Puskesmas Taman Sidoarjo. Penelitian ini dilaksanakan dari bulan April sampai dengan Mei 2006 yang merupakan penelitian deskriptif dengan variabel penelitian tentang sistem penyimpanan obat, pencatatan dan pelaporan obat, distribusi obat di Puskesmas Taman Sidoarjo. Instrumen pengumpulan data meliputi data primer dengan wawancara kepada Kepala Gudang dan Kamar obat menggunakan panduan wawancara jenis pertanyaan terbuka dan observasi menggunakan lembar observasi, data sekunder dikumpulkan dengan melakukan pengkajian data obat di Gudang dan Kamar obat Puskesmas Taman Sidoarjo. Data yang dikumpulkan, disajikan dalam bentuk narasi dan dibandingkan dengan standart tentang sistem penyimpanan obat, pencatatan dan pelaporan obat serta distribusi obat di Puskesmas, kemudian dikaji faktor penyebabnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem penyimpanan obat di Gudang di Puskesmas Taman Sidoarjo dengan kategori kurang yaitu sebesar (30%), pencatatan dan pelaporan obat di Gudang dengan kategori sedang sebesar (40%), distribusi obat yang dilaksanakan di Gudang dengan kategori baik. Dari data di atas disimpulkan bahwa sistem penyimpanan, pencatatan dan pelaporan obat belum dilakukan dengan baik. Untuk menghindari terjadinya stagnant dan stockout obat disarankan Kepala Gudang obat Puskesmas Taman Sidoarjo melaksanakan sistem penyimpanan obat, pencatatan dan pelaporan obat sesuai prosedur, agar mutu obat tetap terjaga dan mengetahui ketersediaan jumlah obat di Puskesmas Taman Sidoarjo dengan pencatatan yang tertib administratif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM.184/06 Fat k
Uncontrolled Keywords: DRUGS - ADMINISTRATION; DRUG DELIVERY SYSTEMS
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9-9940 Public finance > HJ6603-7390 Customs administration
R Medicine
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
DWI FATMAWATI, 100431588UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorWidodo J. Pudjirahardjo, dr.,M.S.,M.PH.,Dr.,Dr.PHUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Shela Erlangga Putri
Date Deposited: 16 Oct 2006 12:00
Last Modified: 06 Jun 2017 18:35
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/24301
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item