ANALISIS FAKTOR PENYEBAB KETIDAKSESUAIAN PENCATATAN BIAYA ANTARA PERINCIAN BIAYA SEMENTARA DENGAN PROSES PENGOLAHAN COMPUTERIZED BILLING SYSTEM BERBASIS DOS : STUDI KASUS DI LOKET IGD DAN RAWAT INAP RSU HAJI SURABAYA

NUR CHOLIS IMAM H., 1002111171 (2006) ANALISIS FAKTOR PENYEBAB KETIDAKSESUAIAN PENCATATAN BIAYA ANTARA PERINCIAN BIAYA SEMENTARA DENGAN PROSES PENGOLAHAN COMPUTERIZED BILLING SYSTEM BERBASIS DOS : STUDI KASUS DI LOKET IGD DAN RAWAT INAP RSU HAJI SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2006-nurcholisi-2625-fkm183_-k.pdf

Download (347kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULL TEXT)
24302.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Rumah sakit Haji sebagai rumah sakit milik pemerintah telah melakukan uji coba Computerized Billing System pada tahun 2000 dan punya peranan cukup penting untuk mengetahui pendapatan rumah sakit terutama pada instalasi rawat inap yang pada kenyataanya merupakan revenue terbesar di rumah sakit. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor penyebab ketidaksesuaian antara pencatatan pembiayaan sementara dengan proses pengolahan Computerized Billing System pada bagian IGD dan rawat inap di RSU Haji Surabaya. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan dilakukan suatu studi kasus terhadap pelaksanaan Computerized Billing System di bagian rawat inap dan Instalasi Gawat Darurat RSU Haji surabaya. Unit analisis pada penelitian ini adalah bagian SIM pada loket rawat inap dan Instalasi Gawat Darurat RSU Haji Surabaya. Sumber informasi untuk variabel pendidikan, pengetahuan keterampilan, motivasi, dukungan manajemen, pelatihan, kehandalan sofware, kemudahan software untuk diakses (User Friendly) dan Proses Pelaksanaan Computerized Billing System diambil secara total sampling dan didapatkan 5 responden di loket IGD dan Rawat Inap RSU Haji Surabaya. Cara pengumpulan dilakukan dengan kuesioner, wawancara dan observasi. Software berbasiskan Clipper yang digunakan dalam pelaksanaan Computerized Billing System di RSU Haji Surabaya menjadi faktor penyebab mama ketidaksesuaian antara pencatatan sementara dengan proses pengolahan Computerized Billing System pada bagian IGD dan rawat inap. Hal ini disebabkan aplikasi tersebut kurang stabil dan mudah mengalami gangguan oleh lingkungan. Sehingga banyak data yang hilang akibat ketidakstabilan aplikasi tersebut. RSU Haji Surabaya perlu melakukan perbaikan atau penggantian pada Software Computerized Billing System untuk memperlancar proses pelayanan billing pada bagian IGD dan Rawat Inap RSU Haji Surabaya. Selain itu pengetahuan, keterampilan, dukungan manajemen, dan pelatihan yang masuk dalam kategori kurang juga mendukung ketidaksesuaian antara pencatatan sementara dengan proses pengolahan Computerized Billing System pada bagian IGD dan rawat inap.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM.183/06 Nur a
Uncontrolled Keywords: AUTOMATION; BILLING MACHINES; MEDICAL CARE, COST OF
Subjects: Q Science
Q Science > QA Mathematics
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
NUR CHOLIS IMAM H., 1002111171UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorRatna Dwi Wulandari, S.KM.,M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Shela Erlangga Putri
Date Deposited: 16 Oct 2006 12:00
Last Modified: 06 Jun 2017 18:38
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/24302
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item