FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP MENURUNNYA JUMLAH PESERTA ASKES KOMERSIAL DI PT. (PERSERO) ASKES KANTOR CABANG BOJONEGORO ASISTEN AREA MANAJER (AAM) LAMONGAN

RININTA ARDHIANI, 100531889 (2007) FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP MENURUNNYA JUMLAH PESERTA ASKES KOMERSIAL DI PT. (PERSERO) ASKES KANTOR CABANG BOJONEGORO ASISTEN AREA MANAJER (AAM) LAMONGAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2008-ardhianiri-8515-fkm168_-k.pdf

Download (371kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
24327.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Berdasarkan hasil data sekunder menunjukkan bahwa telah tedadi penurunan jumlah peserta askes komersial pada tahun 2005 sebesar 43,39 % dari tahun 2004 di PT (Persero) Askes Kantor Cabang Bojonegoro Asisten Area Manajer (AAM) Lamongan, maka dari itu perlu dilakukan penelitian untuk mendapatkan faktor yang berpengaruh terhadap menurunnya jumlah peserta askes komersial di PT (Persero) Askes Kantor Cabang Bojonegoro Asisten Area Manajer (AAM) Lamongan. Penelitian ini merupakan penelitian analitik dan jika ditinjau dari waktu pelaksanaan termasuk penelitian cross sectional. Besar sampel pada penelitian adalah 47 responden dari peserta aktif dan 23 responden dari peserta non aktif, sedangkan variable independent dalam penelitian ini adalah pengetahuan masyarakat, manfaat yang dirasakan setelah menjadi peserta askes komersial, ketertarikan pada asuransi kesehatan lain, premi, prosedur pelayanan, ketersediaan tenaga dan pelayanan yang diberikan, serta kelengkapan pelayanan kesehatan terhadap paket pelayanan kesehatan. Sampel diambil dengan menggunakan tehnik proporsional random sampling yang dianalisis dengan uji regresi logistik. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa nilai p < 0,05 terdapat pada pengetahuan masyarakat tentang prosedur (p = 0,031), prosedur pelayanan untuk memperoleh kartu askes komersial (p = 0,037), prosedur verifikasi (p = 0,046), pelayanan petugas PT. Askes (Persero) mengenai keramahan (p = 0,046), dan ketepatan (p = 0,036), pelayanan petugas PPK mengenai keramahan (p = 0,046), dan ketrampilan (p = 0,043). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat 7 faktor yang berpengaruh terhadap menurunnya jumlah peserta askes komersial di PT (Persero) Askes Kantor Cabang Bojonegoro Asisten Area Manajer (AAM) Lamongan. Maka dari itu, disarankan kepada PT (Persero) Askes Kantor Cabang Bojonegoro Asisten Area Manajer (AAM) Lamongan agar melakukan peningkatan pengetahuan kepada peserta askes komersial, perbaikan pelayanan mengenai keramahan, ketrampilan dan ketepatan serta dilakukan pengaturan antrian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 168/07 Ard f
Uncontrolled Keywords: Penilaian, peserta, PT (Persero) Askes Kantor Cabang Bojonegoro Asisten Area Manajer (AAM) Lamongan, Pemberi Pelayanan Kesehatan (PPK)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG8011-9999 Insurance > HG9371-9399 Health insurance
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Administrasi Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
RININTA ARDHIANI, 100531889UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRatna Dwi Wulandari, S.KM.,M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Anisa Septiyo Ningtias
Date Deposited: 05 Dec 2008 12:00
Last Modified: 06 Jun 2017 20:53
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/24327
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item