ANALISIS KUALITAS AIR SUSU SAPI SEGAR SERTA FAKTOR YANG MEMPENGARUHI : Studi Pada KUD Tani Wilis Kabupaten Tulungagung

MOCH. IRFAN HADI, 100411503 (2008) ANALISIS KUALITAS AIR SUSU SAPI SEGAR SERTA FAKTOR YANG MEMPENGARUHI : Studi Pada KUD Tani Wilis Kabupaten Tulungagung. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2009-hadimochir-10081-fkm14_0-k.pdf

Download (382kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2009-hadimochir-8510-copyof-n.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Air susu merupakan bahan makanan yang baik bagi manusia karena susu banyak mengandung vitamin dan mineral yang baik bagi pertumbuhan dan kesehatan manusia. Tetapi di lain pihak, susu jugs merupakan media yang baik dan sesuai bagi pertumbuhan dan perkembangbiakan bakteri. Higiene dan sanitasi susu harus diperhatikan agar dapat diperoleh susu segar yang berkualitas baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kualitas air susu segar yang dihasilkan oleh KUD Tani Wilis yang terletak di Kabupaten Tulung Agung. Karena. melihat potensi yang dimiliki oleh KUD Tani Wilis untuk dapat menjadi penghasil susu terbesar di wilayah Kabupaten Tulung Agung maka sangatlah penting bagi KUD ini untuk mengetahui bagaimana kualitas air susu sapi segar yang dihasilkan serta keadaan faktor yang mempengaruhinya. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat deskriptif dan jika dilihat dari waktu penelitian ini dilakukan adalah penelitian yang bersifat Crossectional. Populasi dari penelitian ini adalah para peternak yang ada di Kecamatan Sendang yang mengirimkan produksi susunya ke KUD Tani Wilis. Unit analisis dari penelitian ini adalah KUD Tani Wilis, peternak susu sapi segar yang mengirim susunya ke KUD Tani Wilis, serta kualitas air susu yang ada di KUD Tani Wilis dan siap untuk di distribusikan baik ke pabrik untuk diolah lagi maupun langsung ke masyarakat. Teknik sampling yang dipakai adalah Purposive Sampling dengan jumlah sampel adalah 5 orang peternak yang terdekat lokasinya dengan KUD Tani Wilis serta mempunyai kriteria inklusi antara lain adalah telah menjadi anggota KUD Tani Wilis minimal selama 5 tahun, setiap hari mengirimkan produksi susunya ke KUD Tani Wilis, serta bersedia untuk dimintai keterangan dan menjadi responden dalam penelitian ini. Variabel bebas dalam penelitian ini dianalisis secara deskriptif sedangkan variabel terikatnya dianalisis dengan cara di bandingkan dengan syrarat yang terdapat dalam SNI 01-3141-1998. Dilihat dari hasil analisis fisika-kimia, didapatkan hasil yang baik pada susu segar produksi KUD Tani Wilis. Sedangkan dilihat dari analisis mikrobiologis, susu sapi segar produksi KUD Tani Wilis tidak memenuhi syarat sesuai dengan SNI 01-3141-1998. Kualitas susu yang buruk dapat mengakibatkan kerugian bagi konsumen dan peternak, oleh sebab itu diperlukan perhatian khusus terhadap berbagai faktor seperti kebersihan dan kesehatan hewan, sanitasi peralatan yang digunakan, kondisi kebersihan dan sanitasi kandang serta personal higiene dan kondisi penjamah yang dalam hal ini adalah petugas pemerah susu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM. 14 / 08 Had a
Uncontrolled Keywords: Susu segar, kualitas susu segar, hygiene dan sanitasi
Subjects: Q Science > QL Zoology > QL700-739.8 Mammals
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine
T Technology > TS Manufactures > TS1950-1982 Animal products
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Lingkungan
Creators:
CreatorsEmail
MOCH. IRFAN HADI, 100411503UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorRirih Yudhastuti, Dr.,drh.,M.ScUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Anisa Septiyo Ningtias
Date Deposited: 22 Jan 2009 12:00
Last Modified: 31 Aug 2016 02:23
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/24328
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item