PERBEDAAN PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN ANAK USIA 12 BULAN ANTARA STATUS GIZI BAIK DAN STATUS GIZI KURANG (Study di UPTD Puskesmas Mojolangu Kota Malang)

ANIK SUGIANTI, 100531891 (2007) PERBEDAAN PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN ANAK USIA 12 BULAN ANTARA STATUS GIZI BAIK DAN STATUS GIZI KURANG (Study di UPTD Puskesmas Mojolangu Kota Malang). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text
gdlhub-gdl-s1-2009-sugiantian-8578-fkm127_-7.pdf

Download (239kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
24345.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Secara umum masalah gizi di Indonesia, terutama KEP, masih lebih tinggi daripada negara ASEAN lainnya dan sebagian besar diderita oleh anak¬anak terutama pada pada usia balita. Gizi pada anak sangat berpengaruh terhadap tumbuh kembang bahkan sejak masih dalam kandungan sekalipun, gizi memegang peranan penting. Semakin besar laju pola pertumbuhan dan pola perkembangan, semakin besar pula kebutuhan nutrisinya dan hal ini akan mempengaruhi status gizinya. Meskipun status gizi anak dan pertumbuhan baik akan tetapi masih dapat juga terjadi penyimpangan pada perkembangan. Penelitian ini bertujuan mempelajari perbedaan pertumbuhan dan perkembangan anak usia 12 bulan antara status gizi baik dan status gizi kurang. Penelitian ini termasuk penelitian analitik dengan pendekatan studi Cross Sectional. Data ini dikumpulkan dengan wawancara dan observasi langsung pada sampel yang ditarik dari populasi dengan cara simple random sampling. Variabel bebas penelitian adalah status gizi dan variabel tergantungnya adalah pertumbuhan dan perkembangan. Sedang teknik analisis data dilakukan secara analitik menggunakn uji statistik komparasi t-test dengan  = 0,05. Dari hasil analisa yang dilakukan menunjukkan bahwa pertumbuhan status gizi baik berbeda dengan status gizi kurang (p < 0,05) dan perkembangan status gizi baik berbeda dengan status gizi kurang (p < 0,05). Maka dapat disimpulkan bahwa penelitian ini terdapat adanya perbedaan pertumbuhan dan perkembangan anak usia 12 bulan antara status gizi baik dan status gizi kurang. Disarankan dalam penelitian perbedaan pertumbuhan dan perkembangan anak usia 12 bulan antara status gizi baik dan status gizi kurang perlu untuk dilakukan kegiatan pemantauan pertumbuhan dan perkembangan serta stimulasi perkembangan dengan teratur.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM. 127 / 07 Sug p
Uncontrolled Keywords: Pertumbuhan, perkembangan, anak usia 12 bulan, status gizi baik, status gizi kurang
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA960-1000.5 Medical centers. Hospitals. Dispensaries. Clinics
R Medicine > RJ Pediatrics > RJ101 Child Health. Child health services
T Technology > TX Home economics > TX341-641 Nutrition. Foods and food supply
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Gizi Kesehatan
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
ANIK SUGIANTI, 100531891UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorMerryana Adriani, S.KM.,M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Anisa Septiyo Ningtias
Date Deposited: 27 Jan 2009 12:00
Last Modified: 06 Jun 2017 21:05
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/24345
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item