PENGELOLAAN LIMBAH MEDIS PADAT DI RS PHC SURABAYA

AGUSTINA MIAN, 100311294 (2007) PENGELOLAAN LIMBAH MEDIS PADAT DI RS PHC SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2009-mianagusti-8581-fkm130_-7.pdf

Download (281kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
24348.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

RS PHC Surabaya merupakan salah satu rumah sakit tipe C. RS PHC Surabaya dalam melaksanakan aktivitasnya, menghasilkan berbagai macam limbah medis padat. Limbah medis padat harus dikelola dengan benar agar tidak menjadi sumber penyakit bagi masyarakat. Tujuan umum dan penelitian im adalah untuk mengetahm pelaksanaan pengelolaan limbah medis padat di RS PHC Surabaya. Sedangkan tujuan khususnya adalah untuk mengetahui tahap-tahap dalam pengelolaan limbah medis padat, mengetahui kondisi petugas pengelola limbah medic padat yang meliputi cara ke6a serta pengetahuan petugas tentang limbah medic padat, resiko bahaya limbah medis padat dan Alat Pelindung Diri (APD), dan mempelajari pengorganisasian pengelolaan limbah medis padat. Metode penelitian berdasarkan taraf analisis tempat dan waktu termasuk penelitian deskriptif. Sasaran penelitian ini adalah 8 petugas pengelolaan limbah medis padat. Data yang dipakai adalah data primer, observasi, wawancara, pemberian kuesioner dan data sekunder yang diperoleh dari RS PHC Surabaya. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November 2006 sampai Juni 2007. Tahap pengelolaan limbah medis padat adalah minimisasi limbah medis padat; pemilahan, pewadahan, pemanfaatan kembali dan daur ulang; pengumpulan, pengangkutan, dan penyimpanan limbah medis padat di dalam Rmah sakit; pengumpulan, pengemauan dan pengangkutan ke luar rmah sakit; selanjutnya pengolahan dan pemusnahan. Pengelolaan limbah medis padat di RS PHC Surabaya belum sesuai dengan Kepmenkes RI/1204 /SK/MENKES/X/2004 tentang Persyaratan Kesehatan Lingkungan Rumah Sakit. Pengetahuan petugas tentang limbah medis padat, resiko bahaya limbah medis padat dan Alat Pelindung Diri (APD) adalah baik. RS PHC Surabaya sudah memiliki organisasi yang mengatur pengelolaan limbah medis padat Saran dalam penelitian ini adalah penyediaan kantong plastic sesuai dengan Kepmenkes RI/1204/MENKES/X/2004, dilakukan penyuluhan untuk meningkatkan kedisiplinan petugas, serta peningkatan pelaksanaan pengawasan dan pelaporan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM. 130 / 07 Mia p
Uncontrolled Keywords: Limbah medis padat, pengelolaan
Subjects: Q Science > QD Chemistry > QD1-999 Chemistry
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA960-1000.5 Medical centers. Hospitals. Dispensaries. Clinics
T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering > TD896-899 Industrial and factory wastes
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Lingkungan
Creators:
CreatorsNIM
AGUSTINA MIAN, 100311294UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorLilis Sulistyorini, Ir.,M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Anisa Septiyo Ningtias
Date Deposited: 27 Jan 2009 12:00
Last Modified: 06 Jun 2017 21:08
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/24348
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item