PENERAPAN PROGRAM KESEHATAN KERJA DI PT. PETROSIDA GRESIK

REVINA DYAH SUSILOWATI, 100311159 (2008) PENERAPAN PROGRAM KESEHATAN KERJA DI PT. PETROSIDA GRESIK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2009-susilowati-8933-fkm03_0-p.pdf

Download (302kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
24376.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penerapan program kesehatan kerja sangat diperlukan guna memperkecil resiko kecelakaan dan penyakit akibat kerja PT. Petrosida Gresik adalah perusahaan yang memproduksi bahan aktif dan produk pelindung tanaman yaitu pestisida, sehingga dalam setiap proses produksinya mempunyai potensi bahaya yang cukup besar terhadap kesehatan tenaga kerja karena menggunakan bahan kimia yang berbahaya dan beracun. Tujuan dari penelitian ini adalah ingin mempelajari penerapan program kesehatan kerja di PT. Petrosida Gresik yang meliputi program pemeriksaan kesehatan, pemantauan lingkungan kerja, pelatihan atau penyuluhan tentang kesehatan kerja dan pengadaan alat pelindung diri, pemafaatan serta pemeliharaannya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang menurut waktunya termasuk penelitian cross sectional. Populasi dalam pemeliharaan ini adalah tenaga kerja yang bekerja di unit produksi PT.Petrosida Gresik dan sampel penelitian ini adalah total populasi yaitu sebanyak 30 orang tenaga kerja. Variabel yang diteliti adalah pemeriksaan kesehatan (awal, berkala dan khusus), pemantauan lingkungan kerja, pelatihan atau penyuluhan tentang kesehatan kerja serta pengadaan alat pelindung diri, pemanfaatan dan pemeliharaannya. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa pemeriksaan kesehatan, balk awal atau sebelum karja, berkala dan khusus sudah diterapkan pada semua tenaga kerja, pemantauan lingkungan kerja telah dilakukan oleh PT. Petrosida Gresik, kegiatan pelatihan atau penyuluhan tentang kesehatan kerja sudah dilakukan oleh semua tenaga kerja pernah mengikuti kegiatan pelatihan atau penyuluhan tersebut, dan upaya pengadaan, pemanfaatan serta pemeliharaan alat pelindung diri juga sudah dilaksanakan oleh PT. Petrosida Gresik. Setiap tenaga kerja mendapatkan slat pelindung diri secara cuma - cuma. Namun, belum semua tenaga kerja memakai alat pelindung diri saat bekerja. Agar kesempatan dan kemampuan dokter perusahaan dalam mengembangkan kesehatan kerja di PT. Petrosida Gresik semakin luas, maka dokter perusahaan diharapkan bekeda secara fid/ time karena hingga saat ini dokter perusahaan PT. Petrosida Gresik masih bekerja secara part time. Selain itu. penyuluhan tentang pentingnya memakai alat pelindung diri saat bekerja lebih ditingkatkan, mengingat masih ada tenaga kerja yang tidak memakai alat pelindung diri saat bekerja. Dengan adanya penyuluhan tersebut diharapkan tenaga kerja dapat lebih menyadari pentingnya penggunaan alat pelindung diri untuk mencegah kecelakaan dan penyakit akibat kerja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM. 03/08 Sus p
Uncontrolled Keywords: Program kesehatan kerja
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD2709-2930.7 Corporations
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine
T Technology > T Technology (General) > T55-T55.3 Industrial safety. Industrial accident prevention
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Keselamatan dan Kesehatan Kerja
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
REVINA DYAH SUSILOWATI, 100311159UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorIndriati Paskarini, Hj.,S.H.,M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Anisa Septiyo Ningtias
Date Deposited: 06 Feb 2009 12:00
Last Modified: 07 Jun 2017 20:18
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/24376
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item