WORKPLACE SPIRITUALITY STUDI KASUS KARYAWAN UNIT KER)A X KANTOR PUSAT PT. (PERSERO) PELABUHAN INDONESIA III

TRIYO UTOMO, 110110462 (2006) WORKPLACE SPIRITUALITY STUDI KASUS KARYAWAN UNIT KER)A X KANTOR PUSAT PT. (PERSERO) PELABUHAN INDONESIA III. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2006-utomotriyo-3356-psi900-k.pdf

Download (315kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
24431-.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap workplace spirituality pada karyawan unit kerja X kantor pusat PT (Persero) Pelabuhan Indonesia III, yang tercermin dari pengalaman trnasendensi subyek terhadap situasi dan kondisi kerjanya. Workplace spirituality yang dimaksud adalah kerangka kerja dari tanda nilai-nilai organisasi dalam budaya perusahaan yang mengembangkan pengalaman transendensi karyawan melalui proses kerja, memfasilitasi perasaan keterhubungan dengan orang lain dengan cara menghasilkan perasaan sempurna dan suka cita. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara dan observasi. Analisis data yang digunakan untuk mengolah data-data wawancara adalah menggunakan pendekatan "the empirical phencmenological method" (EPP). EPP adalah model analisis yang dihasilkan oleh Giorgi dan dikembangkan khusus untuk penelitian kualitatif dalam bidang-bidang psikologi. Berdasarkan hasil penelitian ini, ada beberapa situasi dan kondisi kerja yang dialami karyawan unit kerja X. Situasi dan kondisi itu adalah masih terjadinya pelanggaran, pengaruh negatif status perusahaan, ketidaksesuaian pelaksanaan sistim karir, tidak adilnya pelaksanaan sangsi, hubungan yang paradoks, masih dipertanyakannya kinerja dewan jabatan, keterbukaan manajemen yang pilih kasih, pelaksanaan PKP yang tidak sesuai, perhatian manajemen yang terbatas, peran penting SPPI bagi pegawai, tidak sesuainya peran pimpinan, serta lemahnya nilai budaya perusahaan. Berbagai situasi dan kondisi kerja tersebut kemudian menghasilkan pengalaman transendensi yang berbeda¬beda pads masing-masing subyek.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB Psycho Corner 90/06 Uto w
Uncontrolled Keywords: WORK ENVIRONMENT
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF1228-1389 Spiritualism (including mediumship, spirit messages, clairvoyance)
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
TRIYO UTOMO, 110110462UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDrs. E. M. Agus Subekti, M.Kes., M.PsiUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 27 Dec 2006 12:00
Last Modified: 12 Jun 2017 19:13
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/24431
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item