Induksi akar dari eksplan daun ginseng Jawa (Talinum paniculatum Gaertn.) melalui transformasi gen dengan perantara Agrobacterium rhizogenes

Novita Kurniasari, 080610390 (2011) Induksi akar dari eksplan daun ginseng Jawa (Talinum paniculatum Gaertn.) melalui transformasi gen dengan perantara Agrobacterium rhizogenes. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (ABSTRAK)
10.pdf

Download (140kB)
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-kurniasari-16457-mpb.24-1-i.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh transformasi gen dengan A. rhizogenes (strain 510 dan 072001) terhadap induksi akar dari eksplan daun tanaman ginseng Jawa (T. paniculatum Gaertn.), dan pengaruh penambahan acetosiringone pada media infeksi A. rhizogenes terhadap lama waktu terbentuknya akar pada eksplan daun ginseng jawa (T. paniculatum Gaertn.). Penelitian ini merupakan eksperimental laboratorium dengan mengunakan metode rancangan acak lengkap dengan 5 replikasi eksplan. Media yang digunakan untuk menumbuhkan eksplan adalah MS0 (kontrol negatif), MS dengan penambahan IBA 2 mg/L (kontrol positif), MS dengan pemberian cefotaxime (perlakuan). Sedangkan media yang digunakan untuk menumbuhkan A. rhizogenes adalah LB dan YMB. Eksplan diinduksi dengan menggunakan A. rhizogenes (strain 510 dan 072001). Pengambilan data dilakukan setiap minggu selama 8 minggu. Induksi akar dianalisis pada minggu kedelapan dengan Krusskal-Wallis dan dilanjutkan dengan uji Mann-Whitney jika terdapat pengaruh (signifikasi 5%). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh transformasi gen dengan A. rhizogenes terhadap induksi akar dari eksplan daun tanaman Ginseng Jawa (T. paniculatum Gaertn.). Dua strain A. rhizogenes (strain 510 dan 072001) yang dapat menginduksi perakaran pada eksplan daun tanaman Ginseng Jawa (T. paniculatum Gaertn.), serta penambahan acetosiringone berpengaruh terhadap lama waktu terbentuknya akar pada eksplan tanaman ginseng Jawa (T. paniculatum Gaertn) Kata kunci : Agrobacterium rhizogenes, Talinum paniculatum Gaertn., Transformasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK MPB.24/11 Kur i
Uncontrolled Keywords: AGROBACTERIUM RHIZOGENES
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH426 Genetics
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi
Creators:
CreatorsNIM
Novita Kurniasari, 080610390UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDr. Y. Sri Wulan Manuhara., M.SiUNSPECIFIED
Thesis advisorDrs. H. Hery Purnobasuki,, M. Si. Ph. DUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 06 Sep 2011 12:00
Last Modified: 06 Oct 2016 03:08
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/24509
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item