Pengaruh Pemberian Zat Pengatur Tumbuh Auksin dan Sitokinin Terhadap Pembentukan Tunas Adventif pada Eksplan Tunas Apikal dan Daun Hydrangea macrophylla Thunb

Azesi Noor Ratisa, 080610070 (2011) Pengaruh Pemberian Zat Pengatur Tumbuh Auksin dan Sitokinin Terhadap Pembentukan Tunas Adventif pada Eksplan Tunas Apikal dan Daun Hydrangea macrophylla Thunb. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
15.pdf

Download (183kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-ratisaazes-16872-mpb.31-1-p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Hortensia (Hydrangea macrophylla Thunb.) adalah salah satu komoditas tanaman hias yang memiliki nilai ekonomi cukup tinggi di Indonesia. Selain itu, diketahui ekstrak daun dari tanaman ini dapat digunakan sebagai obat anti malaria. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari pemberian auksin dan sitokinin terhadap pembentukan tunas adventif pada eksplan daun dan tunas apikal H. macrophylla yang ditumbuhkan di media MS. Penelitian ini menggunakan rancangan faktorial, dengan 11 perlakuan, 4 kali ulangan, dengan penambahan kombinasi zat pengatur tumbuh untuk eksplan daun (2,4-D dengan konsentrasi 1 dan 1,5 mg/L; BA dengan konsentrasi 1, 2, 3, 4, dan 5 mg/L), dan dengan penambahan sitokinin tunggal untuk eksplan tunas apikal (BA dan kinetin dengan masing-masing konsentrasi 1, 2, 3, 4, dan 5 mg/L). Pengamatan pada tunas adventif meliputi waktu terbentuknya tunas adventif, jumlah tunas adventif dan panjang tunas adventif. Pengamatan dilakukan setiap minggu selama 14 minggu. Hasil penelitian menunjukan bahwa tidak terbentuk tunas adventif, namun terjadi pembentukan kalus pada beberapa eksplan. Hasil yang diperoleh pada eksplan daun yaitu terbentuknya kalus tercepat pada minggu ke-2 setelah masa tanam pada perlakuan dengan kombinasi 2,4-D (1 mg/L) dan BA (3 dan 4 mg/L). Pada eksplan tunas apikal, yang dapat menghasilkan kalus tampak pada perlakuan BA dengan konsentrasi 3 dan 4 mg/L.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK MPB.31-11 Rat p
Uncontrolled Keywords: HYDRANGEA MACROPHYLLA
Subjects: Q Science > QK Botany
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi
Creators:
CreatorsNIM
Azesi Noor Ratisa, 080610070UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDr. Y. Sri Wulan Manuhara,, Dra., M.SiUNSPECIFIED
Thesis advisorDrs. Hery Purnobasuki,, M.Si., Ph. D.UNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 12 Oct 2011 12:00
Last Modified: 06 Oct 2016 03:50
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/24517
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item