Pengaruh Kuat Arus Dan Waktu Electroplating Terhadap Ketebalan Dan Kekerasan Lapisan Nikel Pada Gerabah Produk Lokal Kabupaten Pamekasan

Shahebul Imam, 08071 0102 (2011) Pengaruh Kuat Arus Dan Waktu Electroplating Terhadap Ketebalan Dan Kekerasan Lapisan Nikel Pada Gerabah Produk Lokal Kabupaten Pamekasan. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (ABSTRAK)
16.pdf

Download (186kB)
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-imamshaheb-16873-mpf.17-1-p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Telah dilakukan penelitian untuk mengetahui pengaruh parameter kuat arus dan waktu yang digunakan pada proses electroplating terhadap tingkat ketebalan dan kekerasan lapisan nikel pada gerabah produk lokal kabupaten Pamekasan. Proses electroplating dilakukan dengan variasi arus 1-5 Ampere dengan waktu pelapisan 2 menit, 4 menit, 6 menit, 8 menit, dan 10 menit pada gerabah yang telah dilapisi dengan lapisan tipis karbon (thin layer carbon). Sampel kemudian diuji ketebalannya dengan menggunakan thickness tipe minitest 600 dan uji kekerasan dengan menggunakan vickers hardness tester. Ketebalan maksimum dengan nilai 79 μm diperoleh pada arus 5 Ampere dengan waktu pelapisan 10 menit, sedangkan ketebalan minimum dengan nilai 12 μm diperoleh pada arus 1 Ampere dengan waktu pelapisan 2 menit. Kekerasan maksimum dengan nilai 23,77 kg/mm2 diperoleh pada arus 5 Ampere dengan waktu pelapisan 10 menit, sedangkan kekerasan minimum dengan nilai 9,63 kg/mm2 diperoleh pada arus 1 Ampere dengan waktu pelapisan 2 menit. Hasil uji menunjukan bahwa kuat arus dan waktu pelapisan berpengaruh pada nilai ketebalan dan kekerasan. Semakin besar kuat arus dan waktu pelapisan yang digunakan maka nilai ketebalan dan kekerasan yang dihasilkan semakin besar. Hasil kekerasan yang diperoleh masih belum bisa diaplikasikan untuk bisa mendapatkan produk gerabah yang unggul, sedangkan untuk nilai ketebalan yang didapat sudah cukup untuk bisa diaplikasikan terhadap ketebalan lapisan yang dibutuhkan. Perlu dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai pengaruh parameter yang lain diantaranya temperatur, beda potensial, pH larutan dan jarak elektrode untuk mendapatkan produk gerabah yang baik dari segi sifat mekanis dan dekoratifnya. Kata Kunci : kuat arus, waktu pelapisan, electroplating, gerabah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK MPF.17-11 Ima p
Uncontrolled Keywords: ELECTROPLATING ; NICKEL
Subjects: Q Science > QC Physics > QC501-766 Electricity and magnetism
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Fisika
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Shahebul Imam, 08071 0102UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorDrs. Djoni Izak Rudyardjo.,, M.SiUNSPECIFIED
ContributorJan Ady, S.Si., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 12 Oct 2011 12:00
Last Modified: 06 Oct 2016 04:03
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/24518
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item