PERENCANAAN ARSITEKTUR PROSES BISNIS PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS AIRLANGGA SURABAYA

Ani Sistarina, 080810364 (2012) PERENCANAAN ARSITEKTUR PROSES BISNIS PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS AIRLANGGA SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2012-sistarinaa-21170-6.ABSTRAK.pdf

Download (93kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2012-sistarinaa-21170-1.FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perpustakaan Universitas Airlangga sebagai lembaga penyedia informasi bagi penggunanya, sudah tentu ingin memberikan pelayanan yang maksimal. Pengolahan sumber informasi secara cepat dan tepat mutlak diperlukan. Pengolahan dan penyajian sumber informasi tersebut belum dilakukan secara maksimal oleh perpustakaan Universitas Airlangga dikarenakan tidak sepenuhnya mengaplikasikan teknologi informasi pada setiap proses bisnis yang dijalankan. Tidak adanya dokumen pengembangan dan perencanaan sistem informasi yang digunakan sekarang, tentu ini akan menyulitkan dalam proses pengembangan. Untuk itu sangat perlu adanya pendefinisian dan perencanaan ulang proses bisnis yang ada di perpustakaan Universitas Airlangga Surabaya. Kerangka TOGAF ADM digunakan Dalam perencanaan proses bisnis di perpustakaan Universitas Airlangga Surabaya. Ada empat tahapan yang dilakukan. Tahapan pertama menentukan ruang lingkup di perpustakaan Universitas Airlangga, sehingga didapatkan landasan hukum dan prinsip yang digunakan untuk merencanakan arsitektur proses bisnis perpustakaan Universitas Airlangga. Tahapan kedua dilakukan identifikasi rencana strategis dan kondisi proses bisnis perpustakaan Universitas Airlangga sehingga dapat dimodelkan proses bisnis yang dilakukan saat ini oleh perpustakaan. Tahapan ketiga, dilakukan pemodelan perbaikan proses bisnis berdasarkan permasalahan yang dihadapi, dan tahapan terakhir dilakukan analisa gap dari perbaikan proses dan perbaikan teknologi informasi dengan kondisi saat ini, setelah itu dirumuskan strategi implementasi. Hasil yang dicapai dari penelitian ini adalah arsitektur proses bisnis sebagai pedoman desain dan implementasi untuk peningkatan pelayanan yang efisien, cepat, mudah dan terintegrasi. Perbaikan proses dilakukan pada aktifitas yang masih dilakukan secara manual, penambahan proses baru pada proses pengolahan karya ilmiah dan peminjaman yang merupakan bagian dari proses utama yang ada di perpustakaan Universitas Airlangga.Penggunaan TI belum sepenuhnya dilakukan di perpustakaan, membuat waktu aksesnya di beberapa bagian proses tergolong lambat sehingga diusulkan untuk mengupgrade fasilitas TI. Pemahaman TI SDM yang ada di perpustakaan mulai dari level manajemen sampai level staf kurang, dibutuhkan pelatihan di bidang TI dan pelatihan bersertifikasi untuk staf perpustakaan yang berada di sub bagian TI. Pendokumentasian ulang sistem dan merancang proses bisnis yang akan datang sehingga untuk memudahkan pengembangan sistem berikutnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK ST.SI.03/12 Sis p
Uncontrolled Keywords: BUSINESS PROCESS
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA168 Systems engineering
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA174 Engineering design
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Creators:
CreatorsEmail
Ani Sistarina, 080810364UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorEva Hariyanti, S.Si, M.TUNSPECIFIED
ContributorTaufik, ST, M.KomUNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 31 Oct 2012 12:00
Last Modified: 08 Aug 2016 08:25
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/24525
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item