PERENCANAAN ARSITEKTUR DATA BIRO KEUANGAN INSTITUT TEKNOLOGI SEPULUH NOPEMBER SURABAYA DENGAN TOGAF ADM

Nova Rakhmatus Shalikhah, 080810265 (2013) PERENCANAAN ARSITEKTUR DATA BIRO KEUANGAN INSTITUT TEKNOLOGI SEPULUH NOPEMBER SURABAYA DENGAN TOGAF ADM. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-shalikhahn-23652-7.ABSTRAK.pdf

Download (163kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
24562-.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Biro Keuangan ITS Surabaya memiliki tujuan dalam hal pemantapan tata kelola keuangan Badan Layanan Umum (BLU) dalam rangka menciptakan transparasi dan akuntabilitas. Tujuan tersebut dicapai dengan mengembangkan sistem informasi manajemen (SIM) yang terintegrasi dalam rangka pemantapan manajemen data. Saat ini pengelolaan data di Biro Keuangan ITS Surabaya sudah terkomputerisasi, tetapi penyimpanan datanya belum terintegrasi. Untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan adanya perbaikan sistem. Perbaikan sistem dapat dilakukan dengan membuat perencanaan arsitektur data dengan TOGAF ADM. Terdapat lima tahapan dalam perencanaan arsitektur data. Tahapan preliminary framework and principle menentukan ruang lingkup, landasan hukum dan penetapan prinsip arsitektur. Tahapan architecture vision mengidentifikasi dan menganalisis kebutuhan data di setiap proses bisnis pada Biro Keuangan ITS. Tahapan information system architecture melakukan perbaikan arsitektur sistem informasi dengan melakukan pemodelan konseptual serta pemetaan aplikasi. Tahapan technology architecture mendefinisikan kebutuhan teknologi untuk pengembangan aplikasi. Tahapan opportunities and solution dilakukan analisis gap arsitektur sistem informasi dan teknologi serta merumuskan strategi implementasi. Berdasarkan presentase operasi yang dilakukan proses bisnis terhadap entitas data, didapatkan 22% proses menghasilkan (create) data, 56% proses menggunakan (reference) data secara bersama dan 22% proses melakukan update terhadap data. Hal ini menunjukkan banyaknya proses yang melakukan sharing data sehingga pengintegrasian database merupakan langkah tepat untuk membuat organisasi berjalan lebih baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK ST.SI.02/13 Sha p
Uncontrolled Keywords: ENTERPRISE ARCHITECTURE
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK7868.D5 Digital electronics and Electronic circuit design
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Creators:
CreatorsNIM
Nova Rakhmatus Shalikhah, 080810265UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorEva Hariyanti, S.Si, M.TUNSPECIFIED
Thesis advisorPurbandini, S.Si, M.KomUNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 02 Apr 2013 12:00
Last Modified: 12 Jun 2017 20:05
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/24562
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item