Perencanaan Arsitektur Data Akademik dan Kemahasiswaan Pada Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga

HERNIK TRIAYU WIDYANDARI, 080810371 (2013) Perencanaan Arsitektur Data Akademik dan Kemahasiswaan Pada Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-widyandari-23664-7.ABSTRAK.pdf

Download (161kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
24563-.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Peningkatan mutu menjadi hal yang utama dalam proses bisnis yang dijalankan untuk mewujudkan visi dan misi Fakultas Kedokteran. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah mengoptimalkan aktivitas bisnis dan pemprosesan data pada Bagian Akademik dan Kemahasiswaan. Dalam merencanakan sistem informasi memerlukan sebuah paradigma yang disebut arsitektur enterprise (Enterprise Architecture). Oleh karena itu, pada skripsi ini dibuat sebuah perencanaan arsitektur data dengan menggunakan pendekatan kerangka kerja Zachman dan metode Business System Planning (BSP) . Dalam merencanakan arsitektur data dengan pendekatan kerangka kerja Zachman dan metode Business System Planning (BSP), ada beberapa tahap yang harus dilakukan. Pada tahap awal yaitu tahap mendapatkan komitmen dan mempersiapkan studi, dilakukan permulaan perencanaan dengan cara melakukan persetujuan dengan pihak Akademik dan Kemahasiswaan dan studi literatur. Pada tahap selanjutnya, yaitu tahap memulai studi, mendefinisikan kelas data, menganalisis dukungan sistem saat ini, menentukan perspektif eksekutif, dan mendefinisikan temuan dan kesimpulan, dilakukan tinjauan dan analisis kondisi enterprise saat ini serta teknologi yang terkait dengan penyimpanan. Tahap berikutnya, yaitu mendefinisikan arsitektur data, dilakukan perencanaan arsitektur data. Dan pada tahap terakhir, yaitu menentukan prioritas arsitektur, meninjau pengelolaan sumber daya informasi, membuat rekomendasi dan rencana pelaksanaan, dilakukan pembuatan rencana penerapan arsitektur data. Hasil yang dicapai dengan perencanaan arsitektur data di Bagian Akademik dan Kemahasiswaan di Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga ini berupa model data konseptual dengan menggunakan Entity Relational Diagram(ERD), kamus data, matriks CRU, katalog data, dan rencana penerapan basis data berdasarkan arsitektur data yang telah dibuat. Dari 22 proses bisnis yang ada diperoleh 61 entitas data yang memenuhi kebutuhan data.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK ST.SI.03/13 Wid p
Uncontrolled Keywords: INFORMATION SYSTEM DESIGN
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK7868.D5 Digital electronics and Electronic circuit design
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Creators:
CreatorsEmail
HERNIK TRIAYU WIDYANDARI, 080810371UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorEto Wuryanto, Drs.DEAUNSPECIFIED
ContributorPurbandini, S.Si ., M.KomUNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 03 Apr 2013 12:00
Last Modified: 12 Jun 2017 20:05
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/24563
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item