Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Produksi pada Pabrik Karung Rosella Baru dengan Pendekatan Berorientasi Objek

Achmad Fitroni, 080810706 (2013) Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Produksi pada Pabrik Karung Rosella Baru dengan Pendekatan Berorientasi Objek. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-fitroniach-23677-7.ABSTRAK.pdf

Download (93kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
24566.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pabrik Karung Rosella Baru merupakan salah satu unit bisnis PT.Perkebunan Nusantara XI yang memproduksi berbagai jenis karung plastik. Dengan kapasitas produksi yang cukup besar, pemakaian teknologi informasi di bagian produksi yang merupakan inti aktivitas pabrik masih minim sekali. Akibatnya aliran data, dokumen dan informasi yang dilakukan dengan frekuensi tinggi menyebabkan data produksi yang dikelola membutuhkan waktu lama dan kurang akurat serta membutuhkan tenaga kerja dan tempat penyimpanan yang banyak. Oleh karena itu, pada skripsi ini dirancang sebuah sistem informasi produksi dengan pendekatan berorientasi objek yang bertujuan untuk menghasilkan rancangan sistem yang dapat membuat pengelolaan data yang manual menjadi terkomputerisasi. Terdapat 5 tahap yang dilakukan dalam merancang sistem informasi produksi dengan pendekatan berorientasi objek. Tahap pertama, dilakukan pengumpulan data untuk mendapatkan informasi mengenai proses produksi di Pabrik Karung Rosella Baru. Tahap kedua, dilakukan analisis sistem untuk mengidentifikasi sistem produksi saat ini. Tahap ketiga, dilakukan analisis kebutuhan sistem untuk menentukan sistem yang sesuai dengan kebutuhan pengguna dan mengevaluasi hasil analisis. Tahap keempat, memodelkan hasil analisis kebutuhan sistem kedalam diagram-diagram UML. Tahap kelima, dilaksanakan evaluasi rancangan terhadap rancangan sistem informasi produksi dengan prototype yang dikomunikasikan dengan calon pengguna. Hasil analisis kebutuhan sistem menunjukkan bahwa fungsi-fungsi yang tercakup dalam sistem informasi produksi telah sesuai dengan kebutuhan pengguna dan hasil evaluasi rancangan menunjukkan 80 persen responden menilai sistem informasi yang dibuat dapat membantu aktifitas produksi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK ST.SI.06/13 Fit a
Uncontrolled Keywords: INFORMATION SYSTEM DESIGN
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK7868.D5 Digital electronics and Electronic circuit design
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Creators:
CreatorsEmail
Achmad Fitroni, 080810706UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorDyah Herawatie, Ir.M.Si.UNSPECIFIED
ContributorIndah Werdiningsih, S.Si., M.Kom.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 03 Apr 2013 12:00
Last Modified: 07 Jun 2017 20:59
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/24566
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item