Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Pembelian dengan Metode Berorientasi Objek di Hotel Novotel Surabaya

Alfredo Christian Dhermawan Sihombing, 080810221 (2013) Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Pembelian dengan Metode Berorientasi Objek di Hotel Novotel Surabaya. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-sihombinga-23694-7.ABSTRAK.pdf

Download (270kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
24570-.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perkembangan teknologi yang sangat pesat menyebabkan penggunaan teknologi informasi meningkat. Teknologi informasi memegang peranan penting dalam menunjang kelancaran aktivitas suatu perusahaan. Kemajuan teknologi informasi merupakan peluang bagi perusahaan atau instansi untuk mengelola proses yang terjadi. Tidak terkecuali Hotel Novotel Surabaya yang dapat memanfaatkan teknologi informasi untuk mengelola pembelian. Dalam mengelola pembelian mengalami beberapa kendala salah satunya dalam hal pemilihan supplier yang harus secara langsung membandingkan dokumen yang ada. Berdasarkan dengan permasalahan yang ada maka skripsi ini akan merancang sistem informasi pembelian dengan metode berorientasi objek yang akan mempermudah pihak Hotel Novotel Surabaya untuk mengelola pembelian. Terdapat empat tahap untuk merancang sistem informasi pembelian. Tahap pertama yang harus dilakukan adalah pengumpulan data yang bertujuan untuk mengetahui dokumen yang dibutuhkan dalam bisnis pembelian. Tahap kedua melakukan analisis sistem yang bertujuan untuk mengetahui alur bisnis pembelian yang terjadi pada saat ini dan mengetahui kebutuhan pengguna. Tahap ketiga adalah perancangan sistem berdasarkan dari hasil pengumpulan data dan analisis sistem. Perancangan sistem menggunakan tujuh diagram yang masing-masing memiliki fungsi dalam perancangan sistem informasi pembelian. Dan tahap terakhir adalah melakukan evaluasi rancangan untuk mengetahui kebenaran dan kesesuaian rancangan dengan kebutuhan pengguna serta penilaian kriteria rancangan berorientasi objek dengan menggunakan metric. Perancangan sistem informasi pembelian dengan berorientasi objek akan dapat mempermudah pihak Hotel Novotel Surabaya dalam mengelola pembelian dan dapat menjadi solusi untuk mengatasi kendala yang terjadi saat mengelola pembelian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK ST.SI.10/13 Sih a
Uncontrolled Keywords: INFORMATION SYSTEM DESIGN
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK7868.D5 Digital electronics and Electronic circuit design
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Creators:
CreatorsEmail
Alfredo Christian Dhermawan Sihombing, 080810221UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorKartono, Drs.M.KomUNSPECIFIED
ContributorTaufik, S.T, M.KomUNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 03 Apr 2013 12:00
Last Modified: 12 Jun 2017 20:15
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/24570
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item